akhirnya Jari-jariku bisa curhat juga

hai guys…

sorry…. sorry banget….

udah lama banget ya aku gak ngeblog.. heheh… maaf2…

maklum, ini aja lagi nyempatin waktu buat ngeblog… heheh.. maklum, setelah OSPEK Fakultas Teknik (lebih dikenal dengan PPSMB), masih ada lagi OSPEK Fakultas (lebih banyak dibilang FDK).

ok, kali ini, aku cuma mo resume semua kegiatan aku selama PPSMB ampe FDK yang sekarang lagi berlangsung. Intinya, OSPEK nya Teknik Elektro UGM itu ada sekitar 3 bulanan lebih.. heheheh….

ok, sebelum aku nge share pengalaman aku, aku nanya dulu deh ama kawan2..

what are you gonna think if i say “OSPEK”???

ada yang bilang :

bakal dimarah-marahi, dibentak-bentak, disuruh push up, pake dress code yang aneh-aneh lah, pokoknya gak berguna banget deh.. heheh…

ok, kali ini, hilangkan mind set kalian yang udah kuno itu dari kampus tercintaku, UGM (Universitas Gadjah Mada). heheh…

“PPSMB bukanlah OSPEK!!!”

begitulah kata mas Gumawang yang biasa dipanggil mas Awang, ketua KMTE, dengan semangatnya.

ok, pastia ada yang sedikit bingung. KMTE?? apa lagi itu? hahah…

jadi gini, di UGM, ada banyak Fakultas. Mulai dari Fakultas Kedokteran, FMIPA, sampe Fakultas Teknik. Nah, supaya gak ribet, kita singkat aja dg FT(Fakultas Teknik).

Di FT ada Teknik Kimia, Teknik Elektro, Teknik Industri, Teknik Mesin, dll… Nah, setiap FT, punya “Keluarga”. Ya, kami memanggilnya Keluarga.

Karna aku ada di Elektro, kita bisa sebut saja  Keluarga Mahasiswa Teknik Elektro (KMTE). nah, udah dong belum (dong:paham)?

ok, seperti yang sudah dikatakan mas Awang tadi, PPSMB lebih bersifat mendidik. Jujur, awalnya aku mau bolos dan gak ikut PPSMB ini. Karna mindset aku mengenai PPSMB ini adalah OSPEK seperti yang biasanya kita kenal. Ternyata tidak. Malah, aku yang udah selesai menjalani PPSMB ini, malah pingin ikut PPSMB lagi. Banyak ilmu yang aku dapat dari kegiatan PPSMB ini, banyak pengalaman berharga yang aku dapat dari kegiatan ini, banyak teman yang aku dapat, banyak juga pembentukan kepribadian yang aku dapat dari kegiatan ini. Pokoknya, PPSMB emang top deh. hehe…

kebanyakan kegiatan PPSMB itu adalah seminar-seminar dan tanya jawab gitu. Alumni-alumni yang udah berhasil, dipanggil dari tempatnya untuk datang ke UGM dan sharing-sharing ilmu ke kami-kami yang notabennya masih MABA (hehe… tapi sekarang kan udah gak maba lagi ya. hehe).

sebenarnya, banyak seminar yang udah aku catat dan aku resume. Yang mau, bisa pinjam ke aku aja. Masih ada kok catatan-catatannya. Tapi kali ini, aku mo ngasih salah satu seminar yang paling aku suka aja.

waktu tu, didatangkanlah seorang alumni UGM yang sekarang udah jadi presiden Schlumberger. heheh… wah, keren2 deh motivasi yang dia kasih ke kami. Dia bilang “with great power, comes great responsibility”

yah, kurang lebih seperti itu lah. intinya, kita udah dikuliahi jauh2 ama orang tua buat belajar di Jogja lah, di Bandung lah, dll. nah, untuk masuk ke Universitas itu, contohnya UGM ama aku, itu bukanlah hal yang mudah.

Kita liat aja yang kemarin-kemarin itu. Kita udah bersaing dengan ratusan bahkan jutaan orang dari luar maupun dalam negri. Itu butuh kekuatan yang amat sangat besar. Dan sekarang, kita udah ada di Universitas tersebut, contohnya UGM ama aku.

Nah, sekarang apa yang muncul? Yang muncul adalah tanggung jawab yang besar. Tanggung jawab buat kita sendiri dan juga buat orang tua yang udah susah payah nyari duit buat kuliahin kita.

kita mustinya bersyukur udah bisa masuk dan bisa ngerasain yang namanya “MENJADI SEORANG MAHASISWA”

Bayangin deh, di luar sana, ada miliaran orang yang gak bisa mengenyam pendidikan tinggi seperti kita. Mulai dari masalah Biaya lah, Kemampuan yang gak memenuhi standar lah, dan lain2.

Nah, masih gak bersyukurkah kita dengan nikmat yang udah Allah kasih ke kita? Wah, coba bercermin lagi deh. Tuhan itu adil loh…. Jangan menyesal dengan pilihan yang udah kita dapatkan.

Tugas kita sekarang bukan menyesal ato merenung.

“Loh, aku kok dapatnya UI ya? Loh Aku kok dapatnya UGM ya? Loh, aku kok dapatnya ITB ya? Loh aku kok dapatnya Teknik Elektro ya? Loh aku kok dapatnya ini ya? kok itu ya?”

bukan itu pertanyaan yang sekarang harus kita jawab. tinggalkan itu semua. sekarang, buat visi dan misi ke depan. mulai dari jangka panjang, dan menyusut jadi jangka pendek. Trus, Belajar dan Berorganisasilah…

jangan ada kata menyerah hanya karna adaptasi awal kita yang kurang baik dengan lingkungan baru. Klo pun terjadi, Bangkitlah. Kesalahan-kesalahan dan kekhilafan-kekhilafan yang telah kita perbuat itu jadikan penggerak kita hingga kita bisa meraih impian kita.

So, yang harus kita lakukan sekarang, belajar, berorganisasi, dan yang pastinya, banggakan orang tua yang udah banting tulang buat kita.

Mungkin kita gak tau ato kitanya aja yang gak mau tau. Mereka (orang tua kita) berdoa setiap hari buat anak-anaknya (termasuk kita-kita ini yang lagi kuliah). Mereka selalu doain supaya kita sehat, supaya kita belajar dengan konsen, supaya kita gak di”apa-apain”, dll. Intinya, jarak kita emang sangat jauh dengan orang tua. Tapi ingat lagi, di tangan kita, tergenggam sudah “tanggung jawab” yang sangat besar. Kita ke sini bukan buat bermain ato hura-hura. Bukan berarti aku ngelarang bermain ya. Tapi, tugas utama kita adalah kuliah di sini. So,

JANGAN KECEWAKAN MEREKA YA TEMAN-TEMAN!!!

MARI KITA BANGGAKAN MEREKA!!!

SEMANGAT TEMAN…

HIDUP MAHASISWA INDONESIA!!!

8 thoughts on “akhirnya Jari-jariku bisa curhat juga

  1. ghalilatans says:

    Iya tok, kalo males2 kita harus inget orang tua kita disana, dan kesempatan yang kita punya, yg belum tentu didapatkan org lain… kita harusnya bersyukur!🙂

  2. ikhwanluthfi says:

    semangat fan. Setidaknya, pelajaran kita gak susah anak teknik mesin yg kalkulusny byk. Haha..

    Buat Teman2ku yg lain yg bru menjalani ospek,
    semangat ya.. Kalian pasti bsa melaluinya. Hehe..

Leave a Reply

