Bukan hanya buku

Ada ribuan kata yang terlintas di benak saya ketika membaca tema dari lomba Blog TechnoCorner 2011, “Cyber Education for Better Future of Indonesia” yang diadakan oleh KMTE UGM.

Saya yakin dan bisa pastikan bahwa ini semua tak kan jauh-jauh dari yang namanya pendidikan ala era modern. Ya, tepat sekali. Pendidikan dengan basis teknologi dan IT pastinya.

Cyber-Education for better future of Indonesia” jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia adalah “Pendidikan melalui dunia maya untuk Indonesia yang lebih baik”. Tema ini cukup luas jika ingin dikembangkan. Dan inilah pendapat-pendapat yang berkubang dipikiran saya sewaktu membaca tema tersebut. Monggo dibaca…

Teknologi dan Cyber

Berbicara mengenai teknlogi memang tidak ada batasnya. Jika diabrek satu persatu dari awal kelahirannya, maka entah tahun berapa kita akan menyelesaikan ceritanya. Karena sungguh begitu cepat perkembangan dari teknologi saat ini. Dulu orang tua kita malah belum bisa memencet deretan tombol keyboard yang ada pada Laptop. Tapi sekarang, begitu mahirnya anak-anak setara SD melentikkan jari jemarinya di atas papan QWERTY tersebut. Semakin berputar waktu, semakin berputar pula otak para manusia untuk semakin maju dan semakin maju. Trust me.

Siapa mengira, handphone tanpa tombol alias layar sentuh bisa tercipta dan sekarang dapat kita lihat, semua orang menjinjingnya kemana – mana. Semua orang menggunakannya. Dan kejutan apa lagi yang akan teknologi berikan pada kita nanti? Who knows?

Ya begitulah, teknologi memang berputar begitu cepatnya. Menggilas setiap dimensi kehidupan kita.

Tapi semua alat dan perangkat alias gadget itu tak kan ada gunanya jika tidak dipakai sebagai mana mestinya.

Hampir semua gadget saat ini dengan mudahnya bisa terkoneksi pada dunia maya. Dunia maya? Ya, nama kerennya “Cyber”. Cyber adalah dunia maya. Dunia maya ya cyber. Cyber itu ya dunia maya…. MySpace

Dunia dimana kita bisa berkomunikasi dengan orang lain tanpa harus bertatap muka dan tanpa harus melakukan kontak fisik sama sekali.

Untuk membuat Indonesia menjadi lebih baik lewat dunia maya itu sendiri banyak caranya. Karena dunia maya itu sendiri menawarkan banyak fasilitas dan layanan tersendiri. Mulai dari hiburan, pendidikan, komunikasi alias chatting, dan berbagai layanan lainnya yang bisa kita gunakan untuk memajukan negeri tercinta kita ini.😀

Education

Berbicara mengenai pendidikan alias Education, saya mempunyai pendapat tersendiri. Menurut saya, pendidikan itu sendiri tidak harus lewat belajar dikampus, membaca buku MySpace atau mendengarkan seminar-seminar baik bayar maupun free.

Jangan salah, bermain game juga mempunyai sisi pendidikannya loh. Dengan bermain game, kita bisa mempelajari budaya yang ada pada suatu bangsa, belajar bahasa lain, dan banyak manfaat yang lainnya. Dan ini semua tergantung kepada si pemakai fasilitas dunia maya itu sendiri. Alias si Gamer tadi.

Indonesia

Nah, untuk memajukan negri kita dengan pendidikan via dunia maya itu sendiri banyak caranya. Jika kita menitik fokuskan pada pendidikan, artinya, kita bicara mengenai pembelajaran, studi dan segala hal lainnya yang kita lakukan demi mendapatkan ilmu pengetahuan. Tapi untuk kasus kali ini, kita mencarinya lewat dunia maya (CYBER).

Banyak mahasiswa yang belajar mati-matian ampe otaknya muter-muter MySpace entah kemana demi mencapai IP tinggi dan tamat dari kuliah secepat mungkin.

Setelah itu?

Sambung kuliah ke Luar Negri.

Trus?

Yaaa…. Kerja disana dong. Kan gajinya gede gitu loooh….

Kalau semua mahasiswa di Indonesia berpikiran seperti ini, trus yang kerja di Indonesia siapa dong? siapa yang mau memajukan negri kita ini? Tegakah kalian wahai para mahasiswa meninggalkan Indonesia demi bekerja dan meraup uang sebanyak mungkin di Negri orang? Tegakah kalian wahai para mahasiswa???

Untuk memajukan Indonesia tidak hanya dibutuhkan pendidikan yang tinggi tapi juga rasa saling memiliki yang kuat. Apakah rasa memiliki para mahasiswa terhadap Negerinya, Indonesia, sudah tinggi? Apakah mereka punya niat dan cita-cita untuk memperbaiki negeri kita yang sudah semakin terpuruk ini? Pernahkah kita para mahasiswa memikirkan hal ini? MySpace

Untuk menjawab tema “Cyber-Education for Better Future of Indonesia” kita harus bertanya pada diri kita masing-masing.

Apakah kita memang punya niat untuk memajukan negeri kita ke arah yang lebih baik?

Jika iya, nih aku kasih beberapa tips untuk beredukasi ria di Dunia maya.

Apa sih fungsi dari dunia maya

Banyak fungsi alias manfaat dan mudarat yang bisa hadir dari dunia yang satu ini.

Dia bisa menjadi sahabat paling menyenangkan bagi kita, menjadi tambang penghasilan yang menggiurkan, dan jangan salah, dia juga bisa menjadi musuh paling berat dalam kehidupan kita. Bahkan jika kita mahir dan pandai menyiasati, dia adalah dosen paling baik yang pernah kita temui.

Dosen?MySpace

Apa? Dosen? Hmmm…. Ya, benar sekali. Dia bisa menjadi dosen (atau pun guru) bagi para mahasiswa yang kebingungan dalam mata kuliah yang diajarkan. Merasa kurang srek dengan keterangan dan penjelasan dari dosen? Mari kita duduk sejenak menenangkan diri setelah jam kuliah berakhir. Buka laptop, hidupkan koneksi Wifi dan mari berinternet ria.

Berinternet ria? Ups, bukan untuk bertamasya gak jelas di dunia maya ya. Tapi lebih kepada mencari sumber informasi atau pun materi pelajaran yang dijelaskan oleh dosen tadi.MySpace

Caranya gampang. Tinggal ketikan keyword jitu yang langsung mengarah pada informasi yang kita inginkan. Dan berbagai informasi pun keluar menantikan jari telunjuk kita mengklik dirinya satu per satu. Ribuan blog di dunia maya juga banyak kok yang memuat konten pelajaran-pelajaran dan informasi tambahan untuk mata kuliah tertentu.

Tapi jangan salah. Tidak semua informasi yang ditawarkan itu benar. Terkadang ada beberapa website yang memberikan informasi salah dan menyesatkan. HATI-HATI! MySpace

Tanya ama mbah google aja deh

Kenapa harus bingung-bingung dalam mencari keyword yang pas untuk ditanyakan pada mbah google. Ketikan saja kata “ebook gratis” atau “free ebook” dan tekan tombol ENTER. Ribuan ebook akan dengan ikhlasnya siap anda unduh.

Gampangkan? Di era modern saat ini, semua hal yang awalnya kita anggap ribet bisa menjadi semudah membalikan tangan bukan? MySpace

Lagi gak punya duit?

Uang habis? Lagi kere? Gak mampu beli buku tapi punya laptop dan modem? Tinggal searching saja di google. Ribuan informasi dan ebook gratis akan bersiap sedia mendarat pada laptop anda. Semua telah dipermudah, semua telah dibuat gampang bukan?

Facebook menjawab semua kebutuhan anda

Ada sebuah pertanyaan paling jitu yang jawabannya (insyaAllah) hanya satu : “Situs apa yang pertama kali anda buka ketika anda memulai browsing?” Dan saya bisa pastikan bahwa jawabannya : “Facebook!” Ya, benar sekali. Situs paling laku yang dikunjungi jutaan bahkan ribuan orang di dunia ini setiap harinya, mampu menyedot perhatian khalayak ramai dengan fitur-fiturnya yang semakin menarik. Saya pernah bertanya pada seseorang, “Apa sih yang kamu lakukan di Facebook?” Ia hanya bisa menjawab, “NgeWall.” Dan saya hanya menjawab, “Ooooo..”

Padahal, jika kita mau lebih menggunakan situs yang satu ini dengan sebaik mungkin, kita akan bisa merasakan manfaat yang jauh lebih besar selain nge Wall, nge chat atau yang lainnya.

Kita bisa membuat situs ini lebih produktif dan berguna. Misalnya, kita bisa membuat suatu Forum pembelajaran. Suatu forum yang membahas dan mendiskusikan suatu mata kuliah atau pelajaran. Kita bisa menshare sebuah hasil scanning suatu tugas atau Pekerjaan Rumah (red : PR) di Forum tersebut dan menunggu teman kita untuk menjawabnya. Kenapa tidak? Ini bisa menjadi salah satu alternatif yang baik karena untuk mempertemukan beberapa orang dalam satu forum pembelajaran tertentu itu lumayan sulit. Karena kesibukan setiap orang kan berbeda-beda.

Tapi siapa coba yang tidak bisa lepas dengan dunia maya? Pada zaman sekarang ini, dunia maya sudah menjadi kebutuhan hidup sehari-hari. Handphone yang kita gunakan, gadget yang kita jinjing, laptop yang kita pakai bisa dengan cepat terkoneksi pada dunia maya, khususnya situs social network (facebook) ini.

YM kan ada… MySpace

Jika anda termasuk orang yang anti terhadap Facebook, anda bisa memilih YM (red : Yahoo Messenger) sebagai alternatifnya. Anda bisa terkoneksi dengan teman anda tanpa harus diketahui oleh orang lain. Anda bisa bertanya pelajaran atau bertanya pada kakak kelas mengenai materi yang tadi diterangkan oleh dosen. Dan anda pastinya juga bisa chatting dengan dosen atau guru anda sendiri. Ber-webcam ria dengan dosen di malam minggu demi mendapatkan ilmu? Kenapa tidak?

Tapi, kita juga harus ingat. Gak semua orang (apalagi dosen) punya waktu luang yang banyak. Mereka juga punya kesibukan yang lain. So, before you ask them about something, lihat-lihat sikon (SItuasi dan KONdisi) dulu ya.

Youtube

Gak suka baca teks yang panjang-panjang? Dan malah bikin muntah-muntahMySpace?

Gampang, Cyber alias dunia maya punya alternatif lagi untuk melayani kepuasan anda pada ilmu pengetahuan. Anda bisa menonton video dokumenter atau video yang memuat pembelajaran suatu mata kuliah tertentu. Salah satu situs yang menawarkan layanan seperti ini tak lain dan tidak bukan adalah youtube. Situs ini bisa anda gunakan sebagai alternatif dalam menimba ilmu. Tidak jarang dosen-dosen dalam maupun luar negri yang mengunduh video dirinya saat menerangkan suatu mata kuliah atau pelajaran di situs youtube ini. Gak percaya? Silahkan anda coba. Datang ke situsnya, dan ketikan keywordnya. Banyak dosen-dosen MIT (red : Massachusetts Institute of Technology) yang mengunduh video pembelajaran di situs seperti youtube ini. Dan kita hanya tinggal datang ke situsnya dan menonton videonya.

Gampangkan? Semua bisa dilakukan jika kita punya niat. Niat dari dalam diri kita. Tapi sayang, tidak semua orang memanfaatkan keuntungan dan kemudahan seperti ini. Tidak semua orang berpikiran sama untuk dengan gampangnya mencari informasi seperti ini. Masih banyak diantara kita yang mencari situs-situs tidak baik seperti situs porno atau menghabiskan waktu berjam-jam surfing di dunia maya untuk melakukan hal GAK JELAS.

Padahal, jika dilihat di sisi lain, internet punya sisi positif dalam pendidikan. Semua memang tergantung kita.

Bagaimana cara kita menyikapinya, bagaimana cara kita menggunakannya dan mensiasatinyalah yang membuat segala sesuatu lebih berguna atau malah menjadi mudarat bagi kita.

AND REMEMBER MY FRIENDS !

Sumber informasi ternyata BUKAN HANYA BUKU (buku yang dimaksud adalah buku secara nyata loh). Di era saat ini, sumber informasi terbuka luas bagi kita yang haus akannya. So, jangan buang waktumu hanya untuk berfoya-foya menghabiskan quota pulsa internetmu. Ingat, kita kuliah disini untuk membuat mereka yang ada disana (kedua orang tua) tersenyum dan bangga atas prestasi yang kita dapatkan.

Dan ingat juga teman, kita adalah penerus dan pembaharu bangsa. Jangan pikirkan uang yang melimpah di negeri orang. Pikirkan dulu cara untuk mengubah Negeri kitas sendiri. Negeri orang mah gak perlu diubah lagi. Negeri mereka udah makmur cui… So, mari kita manfaatkan media yang ada (bisa buku, perpustakaan, handphone, laptop dan especially Cyber alias dunia maya) untuk memajukan Indonesia.

Harapan saya, semoga kita bisa membuat Indonesia menjadi Negeri yang Lebih Baik… Amin. MySpace

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s