I AM THE MASTER OF MY OWN FATE-I AM THE CAPTAIN OF MY SOUL

sory repost… Nemu tulisan keren dari koran kompas. Sayang gw lupa kapan tanggal dan bulannya…. pokoknya, silahkan disantap kawan2…

“I AM THE MASTER OF MY OWN FATE-I AM THE CAPTAIN OF MY SOUL”

Begitu banyak “kebetulan” terjadi dalam hidup saya. Ada rangkaian kebetulan yang mengantar saya bertemu dengan ayah kandung untuk pertama kali setelah 28 tahun. Siapa bisa menyangka kalau supir taksi di kota Manila yang kebetulan berhenti di depan saya ternyata teman adik kandung ayah? Ada juga rangkaian kebetulan yang mengantar saya untuk bisa berbagi hidup dengan @yamunaa, istri saya. Saya tidak pernah menduga hobi membaca buku adalah jalan bertemu jodoh. Ada lagi kebetulan yang mempertemukan dan mengukuhkan silaturahim dengan sahabat-sahabat terbaik. Pertemuan awal dengan para sahabat selalu punya cerita “kebetulan” tersendiri. Diawali keinginan kuat untuk bisa bertemu orang-orang tertentu, tanpa disadari pertemuan terjadi dan persahabatan pun terjalin. Persahabatan saya dengan @mrshananto diawali dari kegemaran mendengar celotehan Wina di @hardrockfm. Perkenalan dengan idola saya @aniesbaswedan, penggagas gerakan IndonesiaMengajar, diawali dari kekaguman saya setiap kali melihat Mas Anies berbicara di televisi.

I shall never believe that God plays dice with the world-Albert Einstein. Apakah anda pernah memikirkan seseorang sedemikan rupa dan tanpa direncanakan bertemu orang tersebut keesokan harinya? Atau, mungkin Anda pernah mengalami hal berat dalam hidup –dipecat dari pekerjaan misalnya- untuk mendapati kemudian kalau itu adalah awal dari sesuatu yang baik? Coba telaah segala sesuatu yang terasa seperti kebetulan dalam kehidupan Anda. Apakah memang kebetulan terjadi secara acak atau menandakan sesuatu yang lain? Bagaimana dengan pilihan Anda membuka Kompas Sabtu dan membaca kolom ini? Apakah juga sekadar sebuah kebetulan belaka?

I am the master of my own fate – i am the captain of my soul. Kalimat yang saya jadikan judul dalam kolom hari ini adalah cuplikan dari puisi berjudul Invictus buah karya penyair Inggris : William Henley. Saya sendiri pertama kali mendengar kalimat dahsyat ini dari film berjudul sama yang “kebetulan” saya tonton lagi untuk ke sekian kali beberapa waktu lalu. Tanpa direncanakan, saya menonton Invictus saat sedang diterpa kelelahan setelah melalui hari yang panjang. Sekelumit kisah hidup Nelson Mandela, pesan kegigihan dalam membangkitkan semangat kebangsaan melalui olahraga bagaikan siraman air dingin di kepala.

Destiny is not a matter of chance, it is a matter of choice – William Bryan. Bisa jadi seluruh “kebetulan” adalah pesan dari peluang untuk memahami esensi hidup melalui pemahaman diri sendiri yang lebih baik. Selain itu, siapa lagi yang punya kemampuan mengirimkan pesan demikan selain Sang Pencipta?

We are the only person with the power to control our thoughts. Semua berawal dari diri sendiri. Semua dimulai dari segala hal yang dipikirkan dan dirasakan. “Kebetulan” bisa dipandang sekadar sebagai insiden yang terjadi secara acak tanpa maksud tertentu. Atau, “kebetulan” bisa dimaknai sebagai petunjuk menuju jalan utama kehidupan yang telah dipersiapkan. Syaratnya : buka mata, buka pikiran, dan buka hati.

Tidak ada seorang pun yang punya kemampuan menjadi apa pun yang diinginkan, tetapi siapa pun akan bisa menjadi apa pun yang dikehendaki Nya. Est autem fides credere quod nondum vides; cuius fidei merces est videre quod credis.

Rene Suhardono – CareerCoach
Penulis buku : “Your Job is NOT Your Career”
Follow my twitter : @reneCC

4 thoughts on “I AM THE MASTER OF MY OWN FATE-I AM THE CAPTAIN OF MY SOUL

    • ikhwanluthfi says:

      hmmm….. iya sih…. Aku juga mikirnya “kebetulan” itu gak ada. Karena segala sesuatu itu pasti udah direncain. Yang rencanain siapa? Yaaaaa Allah dooong… Dan kita gak tau rahasia dunia apa lagi yang akan Tuhan hadapkan pada kita. Yang bisa kita lakukan hanya berusaha dan menunggu hasil dari usaha itu sendiri. Rahasia apa lagi yaaa??? HMMMM….. let if flow wae laaah… heehhe

Leave a Reply

