Career Preparation (PSIKOTEST)

Pembukaan / Introduction

Bagi yang kemarin gak sempet dan belum mempersiapkan, monggo ini masih ada kesempatan dan waktu. Ayo ayooo sebelum terlambaaaat. Mari dipersiapkan dengan matang dan sebaik baiknya.

Psikotest adalah tahapan awal dari segala macam bentuk seleksi kerja. Entah itu perusahaan dalam negri maupun perusahaan luar negri. Entah itu perusahaan milik negara maupun perusahaan swasta sekali pun. Beberapa di antara calon karyawan yang mengikuti tahapan awal ini cenderung gugup dan gerogi serta sedikit panik. Tak lain dan tak bukan adalah kurangnya persiapan dan alat tempur mereka.

Psikotest adalah tahapan awal yang mengukur tingkat intelegensi dan aspek peserta yang akan menjadi karyawan bagi perusahaan yang melakukan proses rekruitment secara psikis. Tak hanya sampai di sana saja, psikotest ternyata bisa diaplikasikan kepada anak-anak maupun dewasa dan pastinya bisa berbentuk tertulis, proyektif, atau evaluasi secara verbal yang terarsip untuk mengukur fungsi atau kemampuan kognitif dan emosional seseorang.

Apa yang membedakan postingan WANTOOK DOT COM kali ini dgn tulisan PSIKOTES lainnya?

Postingan kali ini akan membahas secara lugas dan tuntas mengenai tahapan awal Psikotest. Alangkah hinanya saya jika hanya merepost/mengulang kembali tulisan orang lain dari blog/website yang jumlahnya miliran di luar sana.

Website WANTOOK DOT COM ini memang didekasikan untuk pengembangan karir, pendidikan, dan seni. Sehingga saya sebagai admin, saya akan menyajikan tulisan yang pastinya luar biasa berbeda dari miliaran tulisan PSIKOTEST di luar sana.

Di dalam tulisan kali ini, akan diberikan puluhan CONTOH SOAL beserta KUNCI JAWABANNYA dan gak tanggung-tanggung juga disediakan PEMBAHASANNYA.

Saya memang bukan orang yang ahli dalam soal beginian karena saya juga bukan mantan tamatan kampus psikologi. Tapi jangan tanya seberapa banyak saya jatuh bangun mengikuti test psikologi seperti ini. Mulai dari yang berbahasa inggris maupun yang berbahasa Indonesia sudah saya jabani semua. Saya belajar banyak saat jatuh dan tak ketinggalan saya akan rangkum dalam hard drive saya. Gunanya apa? Karena kelak saya mengerti apa yang saya lakukan ini akan mendapat senyuman manis dari rekan-rekan yang berhasil berkat kerja keras dan cucuran keringat saya membuat pembahasan ini.

Banyak sudah saya liat di internet yang menawarkan soal psikotest lengkap dengan kunci jawaban. Sayangnya TANPA pembahasan. Entah saya yang belum menumakannya atau memang internet saya sedikit berbeda dari yang lain.

Pesan WANTOOK DOT COM untuk kalian semua

Saya buat ini FREE dan kalian bebas mendownloadnya dan malah saya meminta kalian untuk membagikannya pada sanak saudara, teman kerabat karib kalian yang ada di sabang hingga merauke dan juga di bumi atau planet lain. Ini tanpa iklan dan no charge. Prinsip soalnya. Hehehe… Karna akan dikatakan PRIA jika ia punya Prinsip. Prinsip saya adalah tidak akan makan uang dari periklanan.

Bagikan semua soal, kunci jawaban dan pembahasan yang saya download di sini ke siapa saja. Saya ikhlas. Tapi, tolong perhatikan poin di bawah ini.

  1. Ada 2 jenis file dalam postingan PSIKOTEST kali ini. Satunya berformat gambar dan satunya pdf.
  2. Beberapa file dan gambar itu ada link dimana saya mendapatkan soalnya. Tolong jangan dihapus atau dimodifikasi. Hargai jerih payah si pembuat soal karena saya juga bercucuran keringat membuat pembahasannya.
  3. Semua file gambar memang “terlihat kecil”. Tenang sobat. Kamu save image nya. Lalu di zoom ampe bisa kamu baca. Saya buat seperti ini agar lebih flexible karena saya percaya semua sudah mengantongi smartphone.
  4. Jika di dalam File pembahasan, ukuran huruf terlalu kecil dan tak terbaca. Tolong manfaatkan fasilitas zoom yang sudah dimiliki pdf reader anda masing-masing. Be smart ya masbro and sisterku semua. Gak jelas? Zoom! Gak kebaca? Zoom!
  5. Semua File pembahasan yang saya upload ini ada keterangan si pembuat yaitu “WANTOOK DOT COM“. Saya tidak mebuat ini berbayar. Tapi tolong hargai jerih payah saya yang membuatnya. Jangan dimodifikasi atau di otak-atik.
  6. Saya juga ingin bangun trust (kepercayaan) di antara si pemilik web/blog ini dengan reader (pembaca). Jika kalian menemui kejanggalan atau kesalahan dalam pembahasan, tolong kontak saya di link business card berikut. Kenapa saya melakukan ini? Karena saya ingin ada komunikasi 2 arah di antara kita semua. Jika ada kesalahan tolong kabari saya ya. InsyaAllah akan membantu rekan-rekan yang juga ikutan mendownload nantinya.
  7. Penting utk kalian semua ketahui bahwa pembahasan yang saya berikan adalah salah satu solusi dan cara pemecahan masalah yang saya miliki. Pada dasarnya, setiap manusia itu unik dan memiliki caranya tersendiri dalam memecahkan masalah. Di bawah adalah cara saya mengelompokan tiap angka sehingga bisa lebih simple dan cepat dipecahkan. Sekali lagi, ini adalah style atau gaya cara memecahkan masalah yang menurut saya pribadi cukup efektif dan efisien. Saya tidak bermaksud mendoktrin dan mengekang kreatifitas teman-teman semua. Karena itu bukan tujuan saya. Saya hanya berbagi cara/gaya cara pemecahan masalah yang saya miliki.
  8. Bersama WANTOOK DOT COM, anda akan kami bantu lewat soal, jawaban dan pembahasan yang kami berikan gratis. Tapi tolong kawan-kawannya diberi tahu. Share link WANTOOK DOT COM ini kemana saja karena saya membantu anda sukses, anda juga punya tanggung jawab untuk men-sukseskan teman anda baik disamping kanan, kiri, depan dan belakang anda. Yuk sama -sama sukses.
  9. Jika anda merasa web/blog ini sangat membantu anda, alangkah arifnya anda ikutan mem bookmarked blog ini sehingga anda akan selalu update dengan perkembangan tulisan di blog ini. Caranya gampang dan tinggal klik link ini.
  10. Terakhir, saya akan sangat amat senang melayani pertanyaan yang memang tidak pernah saya jelaskan sebelumnya. Mohon jangan bertanya sesuatu yg senyatanya sudah pernah dibahas sebelumnya. Be Smart masbro and sister all over the world. Kalian adalah calon karyawan bukan anak berumur 5 tahun yang kerjaannya nanya melulu. Nomor handphone, line, whatsup serta email saya open 24 hours for building comments, smart question and knowledgeable advices. Selamat mendownload, selamat belajar, dan selamat membaca🙂

Daftar ISI 

Beberapa Test Psikotest yang sering disajikan diantaranya sbb (silahkan klik jenis test yang anda butuhkan utk direct link) : 

  1. Test Kemampuan Kuantitatif A
  2. Test Kemampuan Kuantitatif B
  3. Test Hitung Cepat
  4. Test Kemampuan Teknikal
  5. Test Analog Verbal
  6. Test Wartegg
  7. Test Pauli
  8. Test Menggambar
  9. Test EPPS (Edwards Personal Preference Schedule)
  10. Test Membaca
  11. Test Ketelitian
  12. Test AAI (Army Alpha Intelegence)
  13. Test Ruang Bangun
  14. Test Hafalan Kata

Berikut sedikit keterangan soal, Contoh soal, kunci jawaban dan pemabahasan (Silahkan di download dan mohon cantumkan WANTOOK DOT COM di dalamnya. Terimakasih)

1. Test Kemampuan Kuantitatif A

Bisa juga disebut sebagai Test Logika Aritmatika A / Test Seri / Test Arismetik A / Deret Angka dan Huruf / Test Logika Angka / Test Logika Formil.

Test psikotest satu ini terdiri dari deret angka/huruf. Fokus penilaian tes ini adalah analisis seseorang memahami pola atau kecendrungan tertentu dalam bentuk deret angka. Lalu kalian diminta memprediksi hal selanjutnya berdasarkan pola yang sudah diberikan.

Sedikit tips dari penulis : Pertama, Jangan terpaku banget masbro ama deret hitung / deret ukur perhitungan matematika aja alias jangan terpaku banget ama 3 hingga 4 angka terdepan dalam deret namun adakalanya kalian wajib melihat deret secara keseluruhan karena pola bisa berubah ururtan, pengelompokan bururutan maupun pengelompokan loncat. Kedua, Ingat juga loh kalo dalam tes ini ada timing (keterbatasan waktu). Jangan ke asikan dan terpaku hanya pada sebuah soal yang ente penasaran banget pingin pecahkan. Lompati saja dan lanjut ke soal berikutnya karena terkadang soal di bawahnya/selanjutnya malah lebih mudah dipecahkan dibanding soal sebelumnya.

Salah satu contoh soal Logika Aritmatika adalah : 24, 20, 16, 12, … , …

Klik untuk download “Kemampuan Kuantitatif A (Deret Angka Huruf) – Soal dan Jawaban

Klik untuk download “Kemampuan Kuantitatif A (Deret AngkaHuruf) – Pembahasan

Klik untuk download “Tes Seri (soal dan jawaban)

Klik untuk download “Tes Seri (pembahasan)

2. Test Kemampuan Kuantitatif B

Sebenarnya, Test Logika Aritmatika / Test Arismetik / Test Kemampuan Kuantitatif itu ada dua. Ada yang versi A dan ada juga yang B. Yang membedakannya adalah jika Test Aritmatika A lebih pada deret angka atau test logika melalui deretan angka dan huruf. Peserta diminta menebak atau memprediksi angka/huruf apa yang akan muncul selanjutnya.

Berbeda dengan Kemampuan kuantitatif B yang lebih mirip dengan hitungan matematika UN (Ujian Nasional). Disini logika matematika anda lewat hitungan di secarik kertas akan benar-benar diuji. Tapi tenang, jangan panik dan jangan takut dulu mengetahui bahwa ini adalah soal UN Matematika. Anda masih punya waktu untuk mempersiapkan diri. Berikut file yang bisa anda download.

Klik untuk download “Kemampuan Kuantitafif B part 1 (soal dan jawaban)

Klik untuk download “Kemampuan Kuantitafif B part 1 (pemabahasan)

Klik untuk download “Kemampuan Kuantitafif B part 2 (soal dan jawaban)

Klik untuk download “Kemampuan Kuantitafif B part 2 (pembahasan)

Klik untuk download “test logika arsimetik (soal dan jawaban)

Klik untuk download “test logika arsimetik (pembahasan)

3. Test Hitung Cepat

Jika test Kuantitatif baik A maupun B memaksa anda berpikir menggunakan logika pikiran anda, test hitung cepat sedikit lebih sederhana. Tetap ada hitung-hitungan tapi tidak serumit dan sejelimet dua test Kuantitatif tersebut. Test Hitung cepat adalah test yang membuat anda menghitung dengan cepat dan tak perlu kalkulator dalam perhitungannya. Jika anda merasa butuh kalkulator dalam hitungan sesederhana di bawah ini, maka anda belum tau trick – tricknya. Berikut beberapa file yang bisa anda downloa dan pelajari.

Salah satu contoh Test Hitung Cepat adalah : 9 + 12 + 16 = ….

Klik untuk download “Hitung Cepat A (soal dan jawaban)

Klik untuk download “Hitung Cepat A (pembahasan)

Klik untuk download “Hitung Cepat B (soal dan jawaban)

Klik untuk download “Hitung Cepat B (pembahasan)

Klik untuk download “test logika angka (soal + jawaban + pembahasan)

Klik untuk download “Test Number (soal + jawaban + pembahasan)

4. Test Kemampuan Teknikal

Buat anak Teknik, mumpung sudah akrab dengan berbagai perhitungan di bawah ini. Eits, tapi jangan salah, terkadang hitungan yang sederhana adalah senjata paling kecil namun beracun yang akan menusuk leher anda dari belakang. Hati-hati dan terus berlatih ya. Berikut contoh soal, jawaban dan pembahasannya.

Klik untuk download “Kemampuan Teknikal (soal dan jawaban)

Klik untuk download “Kemampuan Teknikal (pembahasan)

5. Test Analog Verbal (Analog Verbal Test) = Test Persamaan Kata (Sinonim) /  Test Antonim (Lawan Kata) / Test Padanan & Jalinan Kata

Bisa juga disebut sebagai Test Persamaan Kata (Sinonim) /  Test Antonim (Lawan Kata) / Test Padanan & Jalinan Kata.

Biasanya terdiri dari 30 hingga 40 soal yang berisi sinonim/antonim/analog suatu kata. Fokus penilaian dari test ini adalah kemampuan logika teman-teman terhadap sebuah kondisi. Test ini kurang lebih mengukur dan melihat sejauh mana sih teman-teman memahami sebab dan akibat suatu permasalahan di dalam pekerjaan. Sedikit tips dari penulis, apabila anda bermasalah dengan konsentrasi dan logika, anda bisa sedikit tricky yaitu dengan menghafal soal dan jawaban. Karena sering kali penulis menghadapi tes semacam ini dan soal yang diberikan relatif sama dari tahun ke tahun.

Salah satu contoh soal test analog verbal adalah : hitam >< ….. (a. biru    b. kecil    c. malam    d. putih    e. gelap)

Klik untuk download “Analogi Verbal – Korelasi Makna (soal dan jawaban)

Klik untuk download “Tes Padanan Hubungan (soal dan jawaban)

Klik untuk download “Tes Lawan Kata 1 (soal dan jawaban)

Klik untuk download “Tes Lawan Kata 2 (soal dan jawaban)

Klik untuk download “Tes Persamaan Kata (soal dan jawaban)

Klik untuk download “Tes Antonim dan Sinonim (soal dan jawban)

6. Test Wartegg

Wartegg test atau tes wartegg bukanlah test seberapa banyak hafalan anda tentang aneka jenis makanan di dalam warteg yg baru saja anda kunjung saat sarapan tadi.

Wartegg test terdiri dari 8 kotak dan masing-masingnya berisi bentuk tertentu seperti titik, garis kurva, 3 garis sejajar, kotak, dua garis saling memotong, dua garis terpisah, tujuh buah titik tersusun melengkung dan garis melengkung.

Dalam Test wartegg ini, teman-teman semua akan diminta melanjutkan semua petunjuk di tiap kotak dengan menggambar sesuatu dari bentuk yang sudah diberikan. Lalu menuliskan nama benda yang kalian gambar sesuai urutan gambar yg telah dibuat. Kemudian menuliskan nomor gambar yang paling disukai dan tidak disukai, yang sulit dan mudah menurut teman-teman semua.

Fokus dari peniliain test ini adalah emosi, imajinasi, intelektual dan aktifitas subjek. Disini tidak akan dinilai kemahiran teman-teman dalam menggambar loh ya.

Klik untuk download “Wartegg Test (contoh soal)

Klik untuk download “Wartegg Test (jawaban)

Klik untuk download “Wartegg Test (pembahasan)

Klik untuk download “Wartegg Test (pembahasan 2)

Klik untuk download “Wartegg Test (pembahasan 3)

Klik untuk download “Wartegg Test (pembahasan 4)

7. Test Pauli

Biasa juga disebut sebagai Test Kraeplien / Tes Pauli / Test Koran/ Test Mengkalkulasi Cepat.

Test ini terdiri dari gugusan angka yang tersusun secara vertikal (membujur dari atas ampe bawah) dalam bentuk lajur lajur. Yaitu dari lajur kiri ke lajur kanan. Nah, calon karyawan diminta menjumlahkan dua angka yang berdekatan dalam waktu tertentu di setiap kolom dan menuliskan di sampingnya. Yang diukur disini adalah konsistensi, ketahanan, dikap terhadap tekanan, kemampuan daya penyesuaian diri, ketelitian serta kecepatan dalam mengerjakan suatu pekerjaan.

Di beberapa pertengahan waktu/waktu yang telah di set, seseorang dari tim rekruiter akan berkata “GARIS”, lalu perhitungan kalian akan berhenti sejenak karena harus memberi garis di bawah perhitungan kalian paling terakhir. Lalu kalian boleh langsung melanjutkan perhitungannya kembali.

Tips dari penulis adalah : Pertama, Jangan make pensil mekanis dalam tes ini ya. Tapi gunakan pensil biasa atau pulpen aja. Kenapa? Karena tes ini sangat amat terikat dengan waktu. Intinya, this test is all about time and hard working plus consistence. As we know deh ya, pensil mekanis itu butuk di reload ketika ujung granitnya habis, mekanisme ini butuh waktu sekitar 0.51 detik. Apabila anda lakukan reload dalam 10 lajur berarti kamu udah kehilangan waktu 510 detik. You know what? Waktu segitu bisa dipake buat ngerjain setengah lembar. Seriously, I practice all day and it works. Always work. Kedua, usahakan juga penjumlahan angka yang kalian tuliskan di masing-masing kolom stabil. Hasilnya bakal lebih memuaskan dibanding kalian memaksakan diri di awal test tapi ngos-ngosan di pertengahan dan akhir tes. Kendalikan diri kalian dan hemat tenaga. INGAT! Test ini juga menilai konsistensi kalian. Ingat kata “GARIS” yang sudah dibahas sebelumnya. Ketiga, jangan deh kalian curang/cheating dengan waktu atau hasil penjumlahan kalian. Ini bakal merugikan kalian dan justru buang waktu dan membuat grafik penjumlahan kalian tidak alami. Setiap total penjumlahan angka yang kalian berikan akan dihitung hingga garis pertama, lalu dihitung kembali hingga garis kedua. Jika grafik nya tidak normal, mending kalian get out aja deh dari awal. Buang-buang waktu masbro. Serius loh ini. Keempat, konsentrasi, konsentrasi, konsentrasi dan konsentrasi. Penting banget soalnya. Makanya penulis ulang hingga 4 kali. Kenapa? Karena terkadang suatu saat anda akan merasa blank di pertengahan test tapi anda harus bisa bangkit dan fokus lagi pada tesnya. Untuk itu, fisik sangat berpengaruh. Jangan begadang dulu deh di hari sebelum tes. Sarapan dulu sebelum berangkat tes karna tes seperti ini bakal menyedot energi kalian semua. Pulang-pulang tangan akan pegal-pegal dan otak sedikit error. Heheheh…

Klik untuk download “Test Koran (contoh soal)

8. Test Menggambar

Klik untuk download “Test Gambar (contoh soal)

Klik untuk download “Test Gambar Orang (tips 1)

Klik untuk download “Test Gambar Pohon (tips 1)

Klik untuk download “Test Gambar Pohon (tips 2)

Klik untuk download “Test Gambar Pohon dan Orang (tips 1)

Klik untuk download “Test Gambar Pohon dan Orang (tips 2)

Klik untuk download “Test Gambar Pohon dan Orang (tips 3)

9. Tes EPPS (Edwards Personal Preference Schedule)

Pada test EPPS ini, kita akan diminta untuk memilih kecenderungan (yang kita sukai) atau sifat yang melekat pada diri kita sendiri dari 2 pertanyaan yang disajikan. Sering kali ke -2 pernyataan yang diberikan malah yang tidak kita sukai ke duanya atau memang bukan kepribadian kita. Nah, kita tetap harus memilih satu yang mendekati diri kita.

Intinya, tes ini akan memuat beberapa pilihan jawaban yang paling elu banget. Tes ini akan melihat seberapa besar sih motivasi, kebutuhan dan motif teman-teman semua.

Tujuan epps (Edward Personal Preference Schedule) adalah mengukur dan melihat kepribadian seseorang dari kebutuhan yang mendorongnya dalam pekerjaan serta sejauh mana sih sifat yang ia miliki terhadap kecocokan posisi yang akan dilamar.

Sedikit tips dari penulis : Pertama, jawablah tiap pertanyaan yang anda baca dengan jujur sesuai dengan kondisi ente sendiri, yaaa sekurangnya yang paling mencerminkan diri kamu sendiri lah. Kenapa kaya gitu? karena eh karena pertanyaan yang pernah kamu temui di soal sebelumnya akan muncul berulang kali di nomor-nomor berikutnya. Jadi kalo jawaban yang pertama ama yang ke dua gak sinkron, bisa jadi pisau yang menerkam anda dari belakang loooh. Jadi, kejujuran anda terkait dengan cerminana kesesuaian didi anda terhadap lowongan pekerjaan yang kamu lamar. Kedua, Over all, tes EPPS ini emang paling sulit untuk diakali. Namun setidaknya ada beberapa pertanyaan yang bisa di adjusment untuk disesuaikan dengan lowongan yang kita pilih. Contohnya, ketika kamu ngelamar jadi pegawai Bank, yaaa cobalah jawab jawaban yang paling mencerminkan kejujuran, keteraturan, kedisiplinan dan mampu bekerja dalam teamwork. Ketiga, penulis sendiri mengakui tes yang satu ini emang cuma butuh kejujuran tinggi. Knowing that this kind of test is really hard to be adjusted (to be tricked), jalan paling praktis yang bisa teman-teman lalui adalah dengan memperbaiki diri (self improvement) anda dalam segala hal. Ubah atau setting diri kamu menjadi “seakan-akan” seorang yang profesional dalam setiap tingkah laku keseharian. Contoh paling gampang : Jujur, tepat janji, tanggung jawab dan disiplin. Karena cerminan dari pola pikir dan tingkah laku positif diri anda, akan tertuang tanpa anda sadari dalam hasil tes EPPS ini.

Salah satu contoh pertanyaan pada EPPS :

A. Saya suka menolong teman bila mereka sedang mengalami masalah

B. Saya senang melakukan pekerjaan bersama hingga selesai

Klik untuk download “EPPS (contoh soal)

10. Test Membaca

Klik untuk download “Test Membaca (soal dan jawaban)

11. Test Ketelitian

Terkadang dua kata yang berdekatan sepertinya sama padahal tak serupa. Melalui test ini, calon karyawan akan diberikan beberapa soal yang menampilkan gandengan 2 kata yang bentuknya mirip dan sususannya hampir sama. Akan tetapi sesungguhnya mereka punya perbedaan. Beberapa yang lain juga ternyata sama persis. Disini, peserta diminta untuk menandai yang mana yang sama persis dan mana yang berbeda.

Klik untuk download “Tes Ketelitian (soal dan jawaban)

Klik untuk download “Tes Ketelitian (soal dan jawaban 2)

12. Test AAI (Army Alpha Intelegence)

Tes Army Alpha adalah sebuah Tes psikologi yang dikembangkan oleh seorang psikolog Amerika bernama Arthur Sinton Otis, Ph.D (28 July 1886 – 1 January 1964). Otis mengembangkan tes Army Alpha pada tahun 1917. Pada awalnya tes ini dikembangkan oleh Otis untuk didedikasikan kepada US.Army (Angkatan Militer Amerika), sehingga diberi nama Army Alpha.Tes ini pernah dipakai untuk merekrut 1,7 juta tentara Amerika pada Perang Dunia I.

Tes ini bertujuan untuk mengukur tingkat kecerdasan, ketelitian dan konsentrasi seseorang. Bentuk tes Army Alpha adalah pilihan berganda (multiple choice), dan dapat dilakukan kepada banyak peserta sekaligus. Tidak harus satu penguji satu peserta. Untuk dunia kerja, tes ini terkadang dipakai oleh perusahaan yang ingin menguji banyak peserta sekaligus secara praktis dan cepat.

Tes Army Alpha ini adalah tes yang tidak meminta teman-teman untuk menggambar, namun meminta teman-teman menjawab sejumlah pertanyaan.

Mintalah bantuan teman kalian untuk melakukan latihan ini dengan membacakan setiap intruksi sesuai dengan soal yang ada lalu kerjakanlah dengan baik dan benar.

Tes ini terdiri dari 12 soal berisi kombinasi deretan angka dan deretan bentuk. Satu soal kadang terkait dengan soal sebelumnya. Fokus penilaian dari tes ini adalah kemampuan daya tangkap seseorang dalam menerima dan melaksanakan instruksi dengan cepat dan tepat.

Tips dari penulis : berkonsentrasilah kepada apa yang dikatakan oleh narator. Karena narator gak bakal ngulangin instruksi yang udah disebutin sebelumnya. Selain itu, waktu yang terbatas juga jadi permasalahan kedua. Sabar dan jangan terburu-buru menjawab, sebelum narator selesai memberi instruksi.

Salah satu contoh AAI adalah :

Coretlah angka ganjil dalam kotak dan coretlah angka genap yang berhuruf dalam lingkaran, kerjakan!

Test AAI (contoh soal)

 

Klik untuk download “Test AAI (soal)

Klik untuk download “Test AAI (instruksi)

Klik untuk download “Test AAI (jawaban)

13. Test Ruang Bangun

Biasanya akan disajikan 5 buah kubus a, b, c, d, dan e. Di masing-masing kubus terdapat beberapa tanda seperti tanda silang, segitiga, kotak hitam kecil, dan dua bulatan hitam. Hanya tiga tanda pada sisi kubus yang biasanya diperlihatkan. Kubus a, b, c, d, dan e berbeda satu sama lain, mungkin tanda pada sisi nya ada yang sama namun dengan susunan yang berbeda.

Nah tugas para pelamar adalah mencari satu dari kelima kubus a, b, c, d, dan e yang memiliki tanda dengan susunan yang sama dengan kubus yang terdapat pada soal. Dan untuk mencocokannya bisa dilakukan dengan cara memutar kubus yang ada di soal ke kiri atau ke kanan, menggulingkannya ke depan, ke belakang, ke samping kiri atau ke samping kanan dalam pikiran anda.

Klik untuk download “Test Ruang Bangun (soal)

Klik untuk download “Test Ruang Bangun (jawaban dan pembahasan)

14. Test Hafalan Kata

Klik untuk download “Test Hafalan Kata (soal dan jawaban)

Klik untuk download “Test Hafalan Kata (pembahasan)

Klik untuk download EBOOK : Best Foot Forward (A Guide for Job Seeker) – Kelly Services

 

 

5 thoughts on “Career Preparation (PSIKOTEST)

  1. Agung says:

    Terima kasih mas, semoga Allah membalas jasa mas, saya sangat terbantu dengan adanya soal latihan ini untuk saya melamar kerja. sekali lagi terima kasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s