Cara membuat Bookmark pada file pdf

Hello guys, long time no see. Maaf namanya juga mahasiswa tingkat akhir, ini lagi ngurus yudisium dan wisuda. Alhamduilllah siding dan skripsi kelar dengan hasil yang unpredictable banget. Alhamdulillah, God works on it again. Hahaha… Keren punya deh Allah pokoknya.

Nah berhubung ane juga sering dapat ilmu gan dari proyek-proyek dosen yg ane kerjain, jadi ane sedikit terbantu dengan segala macam tetek benek di Ms. Word waktu ngerjain skripsi kemarin. Kali ini aku mau nge share ilmu proyek apa yang ane dapat khusus dalam Ms. Word kemarin. Kadang lupa2 juga sehingga minta bantuan ke teman-teman TETI lainnya.

Kali ini ane mau share ttg fungsi Bookmark gan. Let’s start it!

Biar mempermudah anda nantinya, akan lebih baik lagi merapikan data dan kata2 yang ada di word dengan fasilitas “heading” seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini, fasilitas heading bermanfaat untuk penandaan/indicator bab, sub bab dan sub sub bab.

FB1

Untuk bab saya gunakan HEADING 1 seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.

FB2

Untuk sub bab saya gunakan HEADING 2 seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.

FB3

Untuk sub sub bab saya gunakan HEADING 2 seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.

FB4

And here they are jadinyaaa….

FB5

Semua bab, sub bab dan sub sub bab yang udah di heading, sekarang dokumennya kita simpan dalam format pdf. Klo mau simpan dalam format word juga bisa dan fungsi heading gak bakal hilang. Tenang aja. Untuk menyimpan dalam format pdf, tinggal save as aja kaya di bawah ini.

FB6

Muncullah kotak dialog seperti di bawah ini. Lalu, pilih formatnya dari word jadi pdf. Lalu klik “option”

FB7

Lalu muncullah kotak dialog “option”. Pada “create bookmark using:”, pilih “Headings”. Nah berguna tooh heading yang kita lakukan tadi. Ya gak? Hehehe…

FB8

Lalu klik save dan tadaaaa… jadilah pdf anda memiliki bookmark sekarang seperti di bawah ini.

FB9

Satu lagi, klo ada yang nanya, share aja informasi postingan ini ya teman-teman. Apapun ilmu yang kalian peroleh, share aja ke yang lain. Jangan takut merasa kekurangan karena ini ilmu bukan benda. So, mari bersedekah ilmu.

Lihat juga :

Cara membuat nomor halaman dengan format naskah skripsi

Cara Membuat Daftar Isi

Cara membuat Daftar Gambar dan Daftar Tabel

Kisah, tips and trick Kerja Praktik di PT Chevron Pacific Indonesia

4 thoughts on “Cara membuat Bookmark pada file pdf

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s