Cara membuat nomor halaman dengan format naskah skripsi

Bagi teman-teman yang kesulitan dalam membuat penomoran halaman pada skripsi atau naskah tulisan, postingan kali ini akan membahas bagaimana cara membuat nomor halaman yang sesuai dengan format naskah skripsi JTETI UGM.

COVER KOK PAKE HALAMAN

Pertama-tama, kita harus memisahkan halaman pertama dari halaman-halaman yang lain. Berhubung halaman pertama adalah cover, maka tak lazim kiranya cover punya halaman. Untuk itu, kita double klik salah satu antara header atau footer.  Lalu centang “Different First Page”.

HBB1

HALAMAN PRA BAB 1

Semua halaman sebelum BAB 1 adalah halaman romawi sehingga untuk langkah awal, kita buat semua numbering page menjadi romawi dengan format rata tengah.

HBB2

And voila, semua halaman kini berfooter page romawi (selain halaman 1 alias cover yg emg gk punya halaman).

MASUK HALAMAN BAB 1

Halaman di bab 1 adalah halaman yang udah gak make romawi-romawi lagi. Tapi udah make halaman dengan angka biasa (1,2,3,4, dst). Berhubung formatnya beda, kita pisahkan antara halaman pra BAB 1 dan BAB 1 + PASCA BAB 1. Ini stepnya :

  1. Isolasilah halaman pertama di bab 1 terlebih dahlulu. Footer yang berhalaman romawi di halaman pertama BAB 1, diputus link nya dengan halaman sebelumnya dengan menon-aktifkan fungsi “link to previous”

HBB3

  1. Sekarang halaman pertama di BAB 1 dan halaman-halaman selanjutnya sudah tak terhubung dengan halaman sebelumnya yang berangka romawi. Sehingga delete saja huruf romawi di halaman pertama BAB 1 dan ganti dengan angka biasa.

HBB4

HBB5

MASUK HALAMAN 2 DI BAB 1

Peraturannya adalah : setiap halaman pertama di permulaan BAB harus dalam format numbering page “bawah-tengah”.  Lalu bagaimana dengan halaman setelahnya?

Halaman setelahnya (halaman yang berada setelah halaman pertama di permulaan bab) memiliki format numbering page “atas-kanan”.

Nah lihat kan, awalnya kita menggunakan footer sebagai page numbering. Tapi kini halamanya di header. Dan akan kembali footer saat halaman pertama awal bab muncul. Lalu halaman berikutnya header kembali.

Caranya persis seperti sebelumnya.

  1. Letakan pointer kalian di kata terakhir halaman pertama permulaan bab.

HBB6

Lalu pisahkan ia dari halaman selanjutnya dengan cara sebagai berikut

HBB7

  1. Kini akan kita dapatkan halaman yang sama antara halaman pertama di awal BAB 1 dengan halaman selanjutnya.

HBB8

  1. Halaman yang seharusnya “halaman 2” ini diedit dengan cara memutus hubungannya dengan “halaman 1” tadi. Dengan cara menon-aktifkan fungsi “link to Previous”. Kini, apapun perubahan di halaman 2 ini tak akan mempengaruhi halaman 1.

HBB9

  1. Karna halaman 2 terletak di kanan atas, maka hapus saja angka 1 yang ada di footer halaman 2 tersebut. Lalu arahkan pointer kalian menuju Header di halaman 2. Hilangkan segala bentuk koneksi antara header di halaman 2 ini dengan header yang ada di halaman pertama. Sehingga saat kita menginsert number di header halaman 2, tidak akan mempengaruhi header di halaman 1. Caranya adalah sebagai berikut.

HBB10

  1. “Insert-Page Number” untuk memasukan angka yang baru.

HBB11

  1. Untuk membuat halaman ini bernilai 2, tinggal mengubah page numberingnya saja.

HBB12

HBB13

Artinya, ia akan melanjutkan numbering dengan angka setelah angka yang tertera di halaman sebelumnya.

WAH, KETEMU AWAL BAB LAGI COY

Saat bertemu dengan awal bab lagi (dalam hal ini bab 2), maka numbering page nya akan menjadi format “tengah-bawah”. So what should we do?

  1. Isolasi awal bab 2 ini dengan halaman sebelumnya. Awali dengan meletakan pointer di awal kata BAB II. Lalu lakukan page break (next page)

HBB14

  1. Hilangkan hubungan header dan footer di halaman awal bab 2 ini dengan halaman sebelumnya.

HBB15

  1. Berhubung kita akan menghapus angka yang ada di header halaman ini, alangkah lebih baiknya kita menghilangkan hubungan antara halaman ini dengan halaman selanjutnya. Agar saat angka di halaman ini dihapus, tak akan menghapus angka-angka pada halaman selanjutnya.

HBB16

  1. Saat angka pada header awal halaman bab 2 dihapus, tak akan menghapus angka pada halaman berikutnya.

Kini tugas kita adalah memberi halaman pada awal halaman Bab 2 ini dengan format tengah-bawah.

  1. Agar saat pemberian numbering di halaman awal bab 2 ini tidak memunculkan halaman pula di footer halaman berikutnya, maka hapus terlebih dahulu hubungan antara footer halaman ini dengan halaman selanjutnya.

HBB17

  1. Beri numbering pada halaman ini dengan cara sebagai berikut.

HBB18

  1. Akan lebih baik lagi jika kita memastikan bahwa angka yang tertampil adalah lanjutan dari angka pada halaman sebelumnya. Dengan cara sbb.

HBB19

HBB20

  1. Dan begitu juga dengan halaman setelahnya. Apakah angka ini melanjutkan angka sebelumnya atau tidak.

HBB21

HBB22

Sekarang kita sudah memiliki numbering sebagai berikut.

HBB23

HBB24

Lihat juga :

Cara membuat Bookmark pada file pdf

Cara Membuat Daftar Isi

Cara membuat Daftar Gambar dan Daftar Tabel

Kisah, tips and trick Kerja Praktik di PT Chevron Pacific Indonesia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s