Tips Trick dari Chairman Schlumberger Indonesia

How to be a winner

By Ahmad Yuniarto (Chairman Schlumberger Indonesia)

Hello guys and sist, kali ini aku mau share tentang beberapa poin yang pernah alumni Teknik Elektro UGM ini sharing di meet up beberapa minggu yang lalu. Semoga bermanfaat yaaa. Sebagai gambaran, sharing kali ini adalah membahas tentang tips and trick para mahasiswa baru menyikapi gejolak adaptasi perkuliahan. So, bagi yang udah lulus ato baru saja wisuda atau baru masuk dalam dunia kerja, monggo disesuaikan aja bahasanya. Keep sharing keep giving!

ay

Untuk menjadi seorang pemenang di Universitas maka ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan sebagai berikut.

  1. Making choices

Terlalu banyak mimpi, terlalu banyak visi, terlalu banyak misi dan terlalu banyak keinginan yang ingin kita raih. But it’s so important to make your own choices. Write it! So you can always remember that and complish it one by one.

  1. Setelah mengambil keputusan, apa yang harus dilakukan? It’s so easy! Intinya, jadilah orang yang lebih berkualitas dari sebelumnya. Jangan mau jadi orang RUGI dimana hari ini sama saja dengan kemarin bahkan lebih buruk. Harus selalu ada “move”. Time flies so fast so you have to move fast too!
  2. Some questions that you have to answer quick so it would be a honest answer!
  • Setelah lulus SMA mau kemana?
  • Apa yang mau dilakukan di Univ nanti?
  • Apa konsekuensi dari pilihan (gagal/berhasil)?

Hidup anda ditentukan oleh pilihan anda. Harus tau dan paham dengan “diri sendiri”. Kenali siapa anda sebenarnya hingga anda bisa memilih step mana yang terbaik dan sesuai dengan anda. Tuhan memang menentukan nasib akhir. Tapi tanpa usaha, kesuksesan gak bakal ada. Yang paling penting adalah, kesuksesan adalah kumpulan dari kegagalan. Sesuatu yang instan memang berakhir dengan ENAK. Tapi sesuatu yang dilakukan dengan PROSES, buahnya SUKSES. Think about it!

  1. Keberhasilan di masa lalu, bukan jaminan keberhasilan dari kemudian hari. Remember, sesuatu yang membuat anda berhasil adalah kegagalan tadi. Jangan kaget dengan kegagalan-kegagalan tadi. Makin sering anda GAGAL, makin dekat anda dengan mimpi anda tadi.
  2. Cara mengetahui diri kita sendiri gimana? It’s honestly easy. Caranya adalah bercermin. Liat siapa kita sebenarnya. Am I a spiderman? Am I a superman? Or Am I a batman?

Lihatlah “Kita pintarnya dimana?”,

“Kita hebatnya dimana?”

“Kita beraninya dimana?”

“Kita kuat dan lemah dimana?”

“Kalo kamu ambil keputusan ini, sanggup gak ya?”

Gak semua orang bisa kerja dengan pressure setinggi Oil and Gas Industry. So, if you have been so sure with the path you’re gonna take. Think about it again. Apa itu benar diri anda? Atau anda ingin coba-coba saja. Jangan pernah mempersempit pola pikir anda. Karena dunia senyatanya luas. Jika anda sudah yakin. Face it! Be Brave! And take any consequences that you have made. Hidup itu hanya mengenai memilih dan menikmati alur yang ada. Mengenai hasil itu tergantung tindak tunduk anda sesuai kedewasaan anda menghadapinya.

  1. Kalo gak pernah mengalami “Salah ambil keputusan” atau “Kegagalan”, kita gak bakal tau arti “Kesuksesan”. Karena dengan kegagalan, kita akan berproses dan menjadi lebih dewasa. Bagaimana caranya anda tau rasa “Manis” kalo belum pernah mencicipi sesuatu yang “kecut”. So, don’t be afraid to fall and fail!
  2. Kalau berani mengambil keputusan, juga harus berani menanggung salah dan malu. Karena semua pasti ada konsekuensi dan impact dari yang kita lakukan. Apapun itu. So, this is what we called life. Take that choices and enjoy the movement! Simple ha?
  3. Orang sukses adalah orang yang bisa membuat orang lain jadi sukses. Anda pingin jadi businessman yang kaya raya? Maka ciptakan juga businessman yang lain yang juga sama kaya rayanya dengan anda. Sounds weird? Yap. Mungkin kelihatanya aneh. Tapi yang namanya leadership itu bukan mengenai “keturunan” tapi mengenai “diturunkan”. Caranya gimana? Gampang banget! Share it! Give it! Discuss with others! Karena sekecil apapun ilmu yang kita dapatkan, belum tentu itu hal yang kecil bagi yang lain. So, ilmu apapun yang ada dapatkan, sebisa mungkin ditularkan pada yang lain. We grow together, we build our own empire and spread the knowledge to others. Simplenya : Berkembanglah dengan mengembangkan orang lain. Kita pintar dengan membuat orang lain pintar.
  4. Tahanlah rasa sakitmu hingga kamu duduk santai dan menikmati arti kata BERHASIL. Selagi belum pada step BERHASIL, keep moving and struggling! Can’t run anymore? Just walk! Still can’t walk? Just move! Whatever how you do it, just move!
  5. Jangan lupa juga untuk melihat sela “Keberhasilan” dari berbagai sela “Kegagalan”. Jadi tetap bersyukur dengan apa yang kamu dapatkan. Mungkin anda gagal pada step D, tapi belum tentu itu adalah kegagalan bagi orang lain bukan? Bisa jadi jutaan bahkan ribuan orang ingin sekali mencapai step D tersebut. Tapi sayang yang namanya kompetisi memang mengajarkan kita untuk bersaing. So, Bersyukur!
  6. Hapus kata “Menyerah” dari dictionary anda saat ini juga! Lakukan! Sekarang kalau bisa!
  7. Kalo cinta dengan apa yang kita kerjakan, kita bakal tahan banting dalam menjalani kehidupan anda. Pilihannya Cuma dua “LOVE WHAT YOU DO” or “DO WHAT YOU LOVE” Seperti yang sudah di mention sebelumnya bahwa semua punya impact nya masing-masing. If you take “LOVE WHAT YOU DO” it means that you are trying to love the job that you are doing right now. Emang sedikit butuh struggle sih tapi bagi sebagian orang, ini adalah apresiasi dari “Getting our from our comfortable zone”. Dan jika anda memilih “DO WHAT YOU LOVE”, selamat anda sudah menemukan passion anda. Karena anda bisa bertahan berjam-jam mengerjakan hal itu terus menerus tanpa kenal lelah. Karena anda sudah pada tahap CINTA. But be careful. Karena terlalu lama di comfort zone juga tidak baik. So, Let’s choose your choice.
  8. Self Learning, good in coaching and mentoring. Kegagalan yang sudah anda dapatkan adalah harta berharga bagi anda. Itu adalah bibit yang harus anda pelajari. Tumbuh kembangkan bibit itu. Artinya apa? Kegagalan yang ada jangan anda diamkan saja. Take as much as you can the lessons from your failure. Jangan anggap remeh kegagalan itu. Anda tau itu lobang. Esok hari, kalo anda melihat bentuk yang sama seperti lobang, jangan mencemplungkan diri ke dalamnya lagi. Learn it and study your failure.
  9. Thomas Alfa Edison gagal 99 kali bukan berarti dia bodoh apalagi begok. Apa dia melakukan kegagalan yang sama hingga 99 kali? NOPE! It’s a big NO! Thomas bukannya tidak belajar dari kegagalannya. Dia hanya belum menemukan titik keberhasilannya di percobaan ke 100. So, keep moving!
  10. Karena anda tidak akan pernah tau kapan usaha dan doa anda dikabulkan oleh Tuhan, so keep struggling keep praying.
  11. Anda tak kan dibiarkan berlama-lama jadi supervisor oleh perusahaan anda. If you are capable enough, anda akan dinaikan menjadi manager. If you still have more power, you will be positioned as a General Manager. Alasannya simple kok. With a great power, comes a great responsibility. Anda sudah punya cukup POWER untuk naik level. So, tanggung jawab itu berbanding lurus dengan capability yang anda miliki. Jika anda masih merasa gitu-gitu aja, jangan salahkan orang lain. Bercerminlah! Apa anda pantas untuk berada pada posisi itu? Jika tidak, grow yourself. Feed yourself so you will be fat enough to be SOMEONE.

Oke 16 poin di atas adalah poin mengenai leadership skill. Banyak generasi muda sekarang yang PINTAR tapi tak punya softskill. Leadership skill hanyalah satu dari aspek penting softskill. Untuk selanjutnya, kita akan bahas 4 topik utama mengenai sukses.

  1. Technical

Tak bisa dipungkiri bahwa perusahan pasti butuh karyawan yang bisa dihandalkan sesuai bidangnya. Jika anda seorang lulusan Teknik Sipil, jangan bilang anda tidak bisa bangun jembatan. Jika anda seorang sarjana Teknik Elektro, jangan bilang anda takut kesentrum. Sederhananya seperti itu lah. Tunjukan pada orang-orang bahwa kuliah 4-5 tahun anda itu bukan hanya main-main tapi juga ada hasil. But btw, poin sukses ini memang lebih focus ke hardskill. So buat kalian para mahasiswa yang kerjaannya tidur-makan-kuliah-belajar-ibadah-repeat. Kalian bakal handal di poin Technical ini. Tapi tunggu dulu! Perusahaan gak Cuma butuh orang yang pinter doang. Apa gunanya merekrut pegawai yang cerdasnya alamak luar biasa tapi ngomong dan diskusi terbata-bata, diajak buat bekerjasama malah ogah-ogahan. You can not live alone baby. Think about it! Intinya, Technical ini lebih pada teori, informasi, pengetahuan, GPA, Bahasa (English is important), Komputer/software skills, dan segala kemampuan untuk melakukan pekerjaan.

  1. Intra personal

Jika ada orang introvert maka ada juga orang extrovert. Jika ada extra personal, maka ada juga intra personal. Sifat ini lebih kepada cara kita memahami kepribadian dan kemampuan diri sendiri. Bagaimana anda memahami siapa diri anda dan bercermin pada ke dua mata anda. Beberapa aspek yang terdapat pada intra personal ini adalah etika, self awareness, confidence, motivasi diri, kreativitas, personal integirity (kejujuran), dan humble. Can you have that all? Sure you can!

  1. Inter personal

Terkait dengan intra personal tadi, aspek inter personal juga tak bisa dilupakan. Aspek ini lebih kepada cara bergaul dengan orang lain. Bagaimana keseharian kita dan aspek ini akan menunjukan siapa orang yang introvert dan juga extrovert. Beberapa poin yang menjadi penyusun inter personal adalah emphaty (bagaimana anda merasakan apa yang orang lain rasakan), komunikasi efektif (gak cuma nyerocos sana sini tanpa arti), team work, networking, respect to diversity, appraising, coaching, negotiating.

  1. Leadership

Poin paling penting dari sukses adalah leadership skill. Oleh sebab itu, pendalaman terhadap materi ini memang cukup panjang lebar pada postingan ini. Gampangnya gini deh. Leadership skill is all about how you build your own dream. Not just having a dream but making it real and happened. Mimpi itu bukan Cuma dimiliki sobat. Tapi juga diwujudkan. Caranya gampang, dimulai dengan membuat resolusi. IFITALKS sebelumnya pernah membahas mengenai cara membuat resolusi yang efektif dan efisien. Check pranala berikut (http://wp.me/pwzJX-15A). Akan lebih baik jika mimpi anda anda ketik (klo nulis agak boros kertas soalnya), lalu wujudkan satu persatu. Di akhir tahun sebaiknya ada evaluasi diri apa saja yang sudah di achieve dan mana yang belum. Intinya, leadership ini adalah mengenai create vision, set your own goals & strategy, inspiring, directing, judgment, conflict/crisis handling, service attitude, humility.

Setiap orang diciptakan dengan sifat, fisik dan kepribadian yang beda-beda. Jika tak bisa jadi pohon beringin yang sangat besar, jadilah rawa yang menyejukan ketika angina berhembus. Tak ada yang jelek. Tak ada yang buruk dimuka bumi ini. Semua ciptaan Tuhan pasti ada maksud dan gunanya. Tak mungkin Tuhan yang maha Sempurna menciptakan sesuatu sia-sia. Jelek dan buruk itu hanyalah perspektif dan sudut pandang orang terhadap kita. Dia hanya belum tau sisi baik dan positif dari hal yang ia anggap jelek sebelumnya.

Jika tak bisa jadi jalan tol, jadilah jalan setapak yang mengarahkan ke jalan yang benar. Jika anda saat ini belum bisa jadi Chairman sebuah perusahaan ya gak papa. Jadilah seorang supervisor yang bisa inspire bawahan anda. Yang penting itu adalah percaya pada proses dan langkah yang anda hadapi sekarang. Bersyukur dan tularkan pada yang lain.

Kemampuan setiap orang ditentukan oleh kemampuannya beradaptasi. Baik itu adaptasi dengan lingkungan, social, ekonomi dan budaya dan sistem pembelajaran dimana anda sekarang berada.

Jika anda kesulitan dalam hardskill, maka perbanyaklah membaca, banyak bertanya (sudah tak tau malu pula bertanya. Mau jadi apa kamu nantinya?), aktif dalam grup diskusi, dan disiplin.

Terakhir dan sayang jika tidak disinggung :

Beranilah untuk memulai langkah pertama anda, lalu konstan dengan langkahnya dan fokus serta tak terpengaruh dengan linkungan yang menjerumuskan anda. Semoga kita semua sukses ya di kemudian hari.

Keep reading my blog guys and sists….

3 thoughts on “Tips Trick dari Chairman Schlumberger Indonesia

    • ikhwanluthfi says:

      Makasih lastry… siap lastry… doakan aku bisa share lebih banyak cerita ke teman2 ya lewat blog. Aku emang suka bgt inspire people, share education ama doing social activity. Semoga bisa menular ke banyak org🙂 kamu juga yaa. Everything that you’ve got right now although it’s not a big matter for you, just share it to others. Cause the think that we think tiny could be something big for others🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s