University Partnership Program CHEVRON 2015

Chevron_Logo.svgHello guys, Chevron dengan bendera biru muda merah nya kembali datang dengan program UPP 2015. Apa sih UPP? Okay singkatnya adalah UPP merupakan  sebuah program yang diberikan oleh Chevron kepada mahasiswa dan perguruan tinggi sebagai bentuk salah satu program CSR aka Corporate Social Responsibility. Nah buat gambaran singkat aja nih, CSR Chevron itu ada dalam beberapa bidang seperti Kesehatan, Pendidikan, Pengenalan Lingkungan hidup yang Sustainable, Pengamanan lingkungan, dan Rehabilitasi lingkungan hidup pada daerah rawan bencana.

Kabar baiknya adalah UPP sendiri merupakan salah satu program CSR Pendidikannya Chevron. Nah di dalam UPP sendiri, ada beberapa sub kategori dan salah satunya adalah program internship alias magang di perusahan minyak ini. Untuk Internship sendiri emang lebih menjurus ke bidang Teknik, MIPA dan semacamnya. Selain internship, UPP Chevron juga meliputi pengadaan alat-alat laboratorium, beasiswa bagi beberap dosen dan pembuatan Book Corner di beberapa titik.

Kabar buruknya gak usah disampaikan ya. Soalnya pamali bilang yang jelek-jelek. Btw yang masih bingung angkat tangan!

Bagi yang masih bingung, ini ada penjelasan lebih mendalam yang diberikan oleh website chevron secara langsung : Klik Disini

UPP Chevron sudah berjalan beberapa kali di UGM dan ITB sebagai career center andalan mereka. Btw gue udah bilang loh ya buat jadi member disana. Jangan pada sok gak ngerti loe! hahaha… Nah kali ini, ITB Career Center dan ECC UGM menjadi pusat perhatian Chevron dalam menyebarkan virus-virus UPP mereka. Yuk kita simak dua pintu gerbang buat bisa dapat kesempatan UPP ini.

PINTU GERBANG ITB
(Institut Teknologi Bandung)

Sebelum bisa masuk ke pintu gerbang UPP Chevron, lu harus login dulu di Karir ITB (bagi yang belum jadi member, buruan jadi member trus sign up!). Habis login, klik link yang lu mau. Apa itu mau jadi Field Engineer, Petroleum Engineer, Drilling & Completion Engineer atau Earth Science. Link-link nya ada di bawah postingan ini. Setelah itu, kamu tekan tombol “APPLY“. Beeeeh, gampang banget.

Oya sebelum gue jauh melalang buana ceritanya, ini gue kasih cara dan metode bagi yang belum daftar jadi member di Karir ITB Center : Link for registration dan clik ini juga buat Informasi keanggotaan mahasiswa.

Masih belum paham juga, yawdah ini gue kasih alamat lengkapnya :

Alamat Karir ITB : GKU Timur ITB Building Ground Floor | Jl. Ganesha 10, Bandung, 40132, Indonesia

Nomor telfon :  (+62-22) 2509177 (Office Hour: 8 am to 4 pm)

Email : career@itb.ac.id

Ampe masih ada juga yang bingung, yawdah gue masih baik ama loe. Klik tab Contact Me dan hubungi gue. InsyaAllah kalo ada waktu gue share lebih lanjut. Itu kalo ada waktu. InsyaAllah gue sempetin.

Nah, sekarang UPP Chevron ada lagi nih di ITB. Buat yang mau ikutan, ini gue share infonya :

upp

Facility Engineer : klik link ini

FEDrilling & Completion Engineering : klik link ini

DCE
Petroleum Engineer : klik link ini

PE
Earth Science : klik link ini

Earth Science

Buat bisa ikut internship ini butuh persiapan baik fisik maupun mental. Jadi jangan sampai kelewatan informasi. Nah, beberapa alumni UPP, kebanyakan dipermudah untuk masuk chevron. Jadi, bagi yang berminat gabung dengan Chevron, yuk yuk daftar lewat Karir ITB ini!

…………………………………….

Dan jeng jeng…. Ternyata waktu berjalan cepat. Berikut pengumuman dari karir ITB mengenai tahapan berikutnya. Tes Aptitudenya berlangsung pada hari sabtu tanggal 14 Maret 2015. Total peserta yang lolos ke tahap ini berjumlah 240 orang loh. Banyak kan ya? Ini rinciannya :
Batch 1 : 07.30 ampe 10.00 (100 orang)
Batch 2 : 10.00 ampe 12.00 (100 orang)
Batch 3 : 13.00 ampe 15.00 (40 orang)

UPP

Mau tau siapa aja yang lolos? Nah btw berhubung yang ini buat anak ITB doang. Jadi yaaa yang lulus anak ITB doang. Buat yang UGM tunggu yaaa… Di bawah ntar bakal dijelasin lagi. Berikut daftar teman-teman yang lolos ke tahapan Aptitude.

Chevron_UPP_2015_Aptitude_Test_Candidate_-_Batch_1

Chevron_UPP_2015_Aptitude_Test_Candidate_-_Batch_2

Chevron_UPP_2015_Aptitude_Test_Candidate_-_Batch_3

Total yang lolos screening dan lanjut ke tahapan Aptitude ini ada 240 orang. Gue saranin buat yang ikut tahapan ini, kalian cuma butuh 3 persiapan. Satu : Doa dan restu orang tua. Dua : Mental yang baja soalnya lawan kalian ada 240 orang. Tiga : pergi ke toko buku semacam Gramedia dan beli buku tips and trick psikotest, aptitude, dll. InsyaAllah kalian bisa lanjut ke tahap berikutnya. Dan jangan lupa buat jaga kesehatan.


…………………………………….

2015-03-26-10-18-12

Jeng jeng, yang kemarin habis ikut tes Aptitude dan lolos tahap selanjutnya, i just wanna say congratulation buddy. Dan inilah teman-teman ITB yang lolos Chevron UPP Internship 2015 Interview Session :
PDC DC : 21 orang
PDC ES : 14 orang
PDC FE : 20 orang
PDC PE : 33 orang
Total : 88 orang

See? Dari 240 orang yang ikut tes aptitude, yang lolos ke tahap interview hanya 88 orang. Masih kurang menantang? Okay deh, kita lanjut aja ke tahap berikutnya ya. Ohya, yang lolos ke tahap interview bisa dilihat nama-namanya di bawah ini. Mana tau ada yang nge fans ama salah satu muka di bawah ini. Silahkan download filenya ya. Oya, jangan iri dan jangan dengki. Mana tau salah satu reader blog ini download file ini trus nyari muka salah satu yang lolos buat dijadiin samsak. hahaha.. canda bro. Kalo rejeki mah gak bakal kemana.

DC_-_Announcement_Interview_Candidate
ES_-_Announcement_Interview_Candidate
FE_-_Announcement_Interview_Candidate
PE_-_Announcement_Interview_Candidate

======================================================

PINTU GERBANG UGM
(Universitas Gadjah Mada)

Nah selain di ITB, ternyata kerjasama program internship UPP ini juga sudah berlangsung lumayan lama dengan UGM. Maklum, Univ yang dipercaya untuk kerja sama ini baru dua. Yaaaa ITB ama UGM. Saran saya, jika ada yang berminat univnya kebagian rezeki ini, ayo BEM dan Univ nya buat proposal dan diserahkan secara langsung ke Chevron. Semoga bisa jadi pintu gerbang buat adik-adiknya nanti. Oya, Ampe lupa..

Back to topic yang tadi. Ternyata UGM juga baru buka nih program internship Chevronnya. Ada yang berminat?

11041803_10205841162578605_7525535778870127652_n

ECC UGM

Nah, adik-adik yg kuliahnya di UGM dan berminat magang selama 3 bulan plus digaji Chevron, monggo ikutan program internship ini. Silahkan dilihat prosedurnya ya. Jangan lupa, dishare ke teman-temannya yang berminat internship di Chevron. Bisa dibilang ini golden ticket utk masa depan adik-adik semua.

Bagi yang tingkat curiosity nya tinggi selangit langitnya dan merasa kalo ini penipuan, monggo, ada website resmi dari ecc yg kerja sama dengan chevron : INI LINK NYA ADIK-ADIKKU.

Dan PENTING untuk diingat bahwa pendaftarannya langsung ke Graha Karir ECC UGM di jln. Krasak barat no 20, Kotabaru, Yogyakarta. Ini GAK ONLINE APPLY. So, ayo gerak sebelum kursinya di ambil yang lain.

Jam kerja ECC FT UGM :
Senin – kamis : pukul 08.00 – 16.00 WIB
Jumat : pukul 08.00 – 15.00
(jam istirahat : 12.00 – 13.00 WIB)

Jangan lupa dishare ke teman yang lain. Rezeki gak bakal kemana kok. Semoga berhasil ya adik-adikku.

Oya tambahan, Mohon maaf jika program internship ini hanya ditujukan baru utk 2 universitas (ITB dan UGM). Semoga Chevron bisa mengepakan sayapnya lebih jauh lagi nanti. Sekedar cerita, Setelah 5 tahun berhasil berjalan di ITB, UGM mendapatkan kesempatannya. Artinya, UGM mendapatkan kesempatan saat tahun ke 6 UPP di ITB.

Dan yang kali ini alias pengumuman yang ada di atas ini adalah tahun ke 8 UPP di ITB atau tahun ke 3 bagi UGM. Semogga 3 tahun lagi adalah Universitasmu yang dapat ketambahan kesempatan. Amin. Ayo BEM nya gerak!

Bagi yang udah ada di UGM, ayo dong dimanfaatkan kesempatannya buat bisa bergabung dengan chevron🙂 Tiket emas loh ini.

Last, Adik-adik yang tertarik mengikuti Chevron Internship Program, jangan lupa ikuti Sosialisasi Chevron internship Program tanggal 14 Maret 2015, pukul 08.30 – 12.00 di ruang sidang Biru, lantai 3, Jurusan Teknik Sipil dan Lingkungan UGM.
Pendaftaran melalui Graha karir ECC UGM, Jl. Krasak Barat No. 20, kotabaru, Yogyakarta, atau ecc.ft.ugm.ac.id, paling lambat 13 Maret 2015 pukul 14.00.
Peserta terbatas! Ayo sosialisasi ini berguna bagi yang pingin dapat info lebih jauh tentang UPP Chevron ini. Don’t miss it!

======================================================

Jeng jeng, pengumuman panggilan test chevron yang punya UGM udah ada nih. Selamat yaaa… silahkan di download file di bawah ini.

Panggilan test Chevron UPP 2015 – UGM

tuh liat kapan tes dan tempat tesnya. prepare yourself and brave to finish it!

REMEMBER : 

– Peserta diharapkan membawa (saat General Aptitude Test) :
a.Alat tulis lengkap (Pensil 2B)
b.Kartu identitas yg masih berlaku (ktp/sim)
– Peserta diharapkan datang 60 menit sebelum pukul 08.00 untuk melakukan daftar ulang.


Things to be prepared:

Bring complete interview documents (2 hardcopies) on your interview schedule:
– Personal CV
– KTM & KTP
– Last education transcript
– Color photo

For candidate who step to Interview session:
– Be on time (means 15 minutes earlier than your schedule)
– Practice your communication skill and prepare information you want to share with interviewer
– Prepare to speak in English. Practice it as well
– Know the intern function (Petroleum Engineer, Earth Scientist, Drilling Engineer or Facility Engineer) you are applying for. Try to relate your qualification with the position
– Prepare yourself for hard/technical and soft skill assessment

Nomor kontak yang dapat dihubungi:
Ely/ Indri: 021-29946268
Nunki: 021-29946298

upp chevron

======================================================

Apa aja sih bang yang harus disiapkan?

Okay, satu yang pasti adalah lu harus terdaftar jadi member disana. Kedua, lu harus daftar program UPP nya. Tinggal klik dan tunggu hasil. Nah sembari nunggu harus ngapain? Nah ini ada dokumen dari Chevron tentang announcement kalo lu udah ikut tesnya nanti. Gue saranin lu baca baik-baik apa aja persayaratannya dan apa yang musti disiapkan. Mulai dari alat tulis dan dokumen resminya. Sekali lagi, gue tegaskan!

Ini announcement tahun lalu! Dan disana diminta kirim email. Jangan kirim email dulu! Gue cuma minta lu buat nyiapin berkas dan lain2 dulu. Okay?🙂 Stick to the rule!

Ini documentnya : 140416_Chevron – Announcement Message

Jika kalian lolos screening dan lanjut ke tahapan Aptitude test. Yang perlu dipersiapkan adalah Pena, Pensil HB 2 batang, penghapus, Kartu Identitas spt KTP plus KTM (bawa dua kartu ini please saat tesnya).
Tesnya biasanya dibagi dalam beberapa batch. Ada batch 1 dari jam 7 ampe jam 10. Batch 2 dari jam 10 ampe jam 12. Dan batch 3 dari jam 1 siang ampe jam 3 sore. Saranku, buat yang dapat kesempatan di batch 2 atau batch 3 mending datang pagi-pagi jam 7. Selain ngebikin mental jadi lebih siap, juga bisa dapat kisi-kisi singkat dari teman-teman yang udah tes.
Saat tes berlangsung jangan lupa minta restu orang tua dan siapin juga makanan kecil plus air mineral. Biar gak kelaparan ntar. Selain itu, sarapan dulu sebelum tes. Biar otaknya jalan. Yang gak biasa sarapan. Gue saranin lu buat sarapan deh. Tesnya lama dan juga menguras tenaga dan otak. So, Sarapan!

======================================================

Apa sih kata pak Wisnu soal UPP?

Ada kutipan bagus dari seminar UPP yang diselenggarakan pada tanggal 1o May 2013 di UGM mengenai UPP oleh Pak Wisnu Prasedjoto selaku HR Shared Services Chevron Indonesia.

Perwujudan dari visi Chevron yang people-oriented tertuang dalam program teranyar Chevron yang bertajuk University Partnership Program (UPP). Selama tiga bulan, peserta program UPP akan memperoleh kesempatan untuk magang di seluruh cabang Chevron di seluruh Indonesia.

Berdasarkan pemaparan Wisnu Prasedjoto selaku HR Shared Services Chevron Indonesia, “Ada empat tahapan yang harus dilalui untuk menjadi peserta UPP. Seleksi awal adalah seleksi berkas dan tes aptitude, kemudian dilanjutkan dengan interview dan medical check-up.”

Rangkaian seleksi ini, menurut Wisnu, merupakan upaya Chevron untuk menyeleksi sumber daya manusia terbaik, “Kami juga mengharapkan para peserta untuk membuat studi atau temuan tertentu,” jelas Wisnu. “Ini biar mereka tidak sekadar memperoleh ilmu saja,” tambahnya.

Ketika disinggung soal honor, Wisnu mengaku Chevron siap untuk mendanai para peserta. “Honornya empat juta per bulan, plus uang saku dan tempat tinggal bagi yang ditempatkan di Riau,” ungkapnya. Kepada para peserta, Wisnu menghimbau untuk mendaftar pada program ini secepat mungkin. Semoga berhasil.

======================================================

Tips and trick memasuki dunia kerja. Di dalamnya ada video

  1. Cara Membuat CV yang Baik, 
  2. Tip Menghadapi Seleksi Interview Kerja, 
  3. Tips Menjalani Medcal Check-Up (MCU) Perusahaan
  4. Start to Maintain Your Dreams
  5. How to Arrange Time Management
  6. Tips Menghadapi Medical Check Up
  7. Tip Menangkap Visi Hidupmu

Video- video itu bisa kamu nikmati di link ini dan juga link ini.

Dan yang senang ngebaca plus kuota internetnya gak banyak, bisa tinggal download file pdf yang ada disana. Semua terangkum dengan jelas, las, laaaaasssss…. Good luck. Happy to help you my friends.

Oya bagi yang nantinya penempatan UPP di Duri. Mungkin postingan kali ini bisa menggambarkan betapa surganya kota Duri itu. Semoga kalian bisa penempatan kerjanya disana ya…

Klik link ini untuk tau bahwa Duri Bukan hutan looooh!

======================================================

NB : Btw pak Abdul Hamid Batubara bakal datang ke JTETI UGM. Mau ikutan?

AHB

Bagi yang mau ikutan monggo dicari tau infonya disini (Information of EIP) dan juga di sini (online registration)

Dan yang gak sempet hadir di acara SG nya pak batu bara, silahkan simak reportase nya di link ini.

One thought on “University Partnership Program CHEVRON 2015

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s