Andai saya tahu saya harus kemana (tentukan arah mimpimu)

BG

Pekerjaan apa sih yang cocok buatmu? Nah ada kuis singkat nih dari beberapa gambar unik di bawah ini. Pada setiap pertanyaan, pilih salah satu jawaban yang paling cocok mewakili kepribadianmu. Bayangin aja gimana kamu bertindak sehari-hari untuk bisa dapat jawaban yang akurat. Btw, gak ada sih jawaban yang benar atau salah disini. So, jawablah dengan objektif yaaak.
Dalam kuis kali ini, ada 4 pertanyaan yang akan mengarahkan kalian pada beberapa tipe sifat. Tiap pertanyaan akan memiliki dua jawaban tipe sifat. Dan kalian diminta untuk memilih satu tipe sifat saja. Gak boleh dua sekaligus loh ya. Remember that! Trus Setelah merasa “I am into you” dengan salah satu tipe sifatnya, kalian akan diminta untuk mengingat kode huruf dari tipe sifat tersebut. Okay, begitulah instruksi singkatnya. Selamat mencoba…

Bagaimana biasanya kamu menyalurkan energi? (kamu tipe yang Extrovert atau Introvert sih?)

Apakah kamu tipe extrovert? Coba cek orang extrovert itu gimana aja sih dia dengan gambar di bawah ini. Nah, kamu kaya gitu gak orangnya?

1

 

Atau jangan-jangan kamu orang yang tipenya introvert? Nah orang introvert itu kaya gambar di bawah ini nih. Kamu kah salah satunya?

2

Okay, sekarang simpan jawabanmu dengan huruf E jika kamu “Extrovert” atau I jika sebaliknya, alias “Introvert”. Okay, kita lanjut ke pertanyaan berikutnya.

Bagaimana biasanya kamu memproses dan mengolah informasi? (kamu yang sensing atau yang ikutin intuisi?)

Orang yang sensing itu gimana sih? Ini nih ciri-ciri orang sensing.

3

Nah tandai S jika kamu anaknya sensing banget. Hehehe.. Bagi yang ngerasa bukan sensing alias intuition, boleh dicek ciri-cirinya di bawah ini. Mungkin kamu yang sensing salah satunya.

4

Ups, udah ketahuan sekarang siapa yang Sensing (S) dan siapa yang Intuition (N). Jangan lupa diinget kamu si S atau N (bukan I loh ya buat Intuition, tapi N). And next, kita beranjak ke pertanyaan ke tiga.

Kalo kamu diminta buat ngasih keputusan, kamu orangnya gimana sih? (apakah kamu tipe thinking atau feeling?)

Pertanyaan ketiga ini mungkin lebih gampang ya. Bagi kamu yang ngerasa “The Thinking Man”, monggo dicek kebenarannya di gambar di bawah ini.

5

Oh ternyata dari semua ciri-ciri di atas gak ada yang pas, Kalo gitu, kamu mungkin tipe Feeling. “Feeling Person” silahkan dicek ciri-cirinya di bawah ini.

6

Okay, dirangkum bentar yaaa. Bagi kamu yang ngerasa “Thinking banget” silahkan di tandai dengan huruf T. Bagi kamu yang ngerasa “Feeling banget niiiih” silahkan ditandai dengan huruf F. Udah? kalo udah, kita lanjut ke pertanyaan terakhir.

Kamu itu sehari-harinya dalam pengaturan hidup gimana sih? (Apa kamu anak Judging atau Perceiving?)

Wah, dari katanya aja jelas ya, “Judging”. Pasti serem nih orangnya. Eits, jangan mikir gitu dulu. Coba dicek tipe Judging itu gimana aja sih?

7

Wah, kayanya ada yang gak tipe judging nih. Nah berarti kamu tipenya perceiving. Yakin? Kalo gak yakin, dicek dulu aja dengan gambar di bawah ini. Monggo…

8

 

Bagi yang udah dapat tipenya, Yang Judging silahkan di labeli dirinya dengan huruf J. Bagi yang tipenya Perceiving, silahkan dicatat dikeningnya dengan huruf P. Hahaha.. canda looh.

So, sekarang udah tau ya 4 huruf yang “kamu banget”. Nah 4 huruf ini bakal men”direct” kamu ke arah karir kamu ke depannya gimana. Jangan kaget kamu bakal diarahkan lebih cocok dengan karir yang ditujukan nantinya. Semua pekerjaan itu bagus kok. Gak bakal ada dokter kalo gak ada guru. Gak bakal ada presiden kalo gak ada dokter yang ngerawat dia waktu sakit. Dan gak bakal makan nasi elu-elu pada kalo gak ada yang namanya petani. So, semua job itu bagus asalkan cara ngedapetinnya halal.

Okay, mungkin udah ada yang pada lupa. Gue ingetin lagi pertanyaan-pertanyaannya.

Bagaimana biasanya kamu menyalurkan energi? (Extroversion/Introversion) : E/I
Bagaimana biasanya kamu memproses informasi? (Sensing/Intuition) : S/N
Bagaimana biasanya kamu membuat keputusan? (Thinking/Feeling) : T/F
Bagaimana kamu mengatur hidupmu? (Judging/Perceiving) : J/P

Gabungkan ke empat huruf yang kalian dapatkan dan coba cocokan di bawah ini. Semoga bisa memberi gambaran karirmu ke depannya yaaa.. Amin.

Cek Hasilnya :

ISTJ (Si Pengamat)

1. ISTJ (Si Pengamat)

 

ISFJ (Si Pelindung)

2. ISFJ (Si Pelindung)

ISTP (Si Terpercaya)

3. ISTP (Si Terpercaya)

ISFP (Si Seniman)

4. ISFP (Si Seniman)

INFJ (Si Konselor)

5. INFJ (Si Konselor)

INFP (Si Pemimpi)

6. INFP (Si Pemimpi)

INTJ (Si Strategis)

7. INTJ (Si Strategis)

INTP (Si Perancang)

8. INTP (Si Perancang)

ESTJ (Si Supervisor)

9. ESTJ (Si Supervisor)

ESFJ (Si Siaga)

10. ESFJ (Si Siaga)

ESTP (Si Promotor)

11. ESTP (Si Promotor)

ESFP (Si Performer)

12. ESFP (Si Performer)

ENFJ (Si Pengajar)

13. ENFJ (Si Pengajar)

ENFP (Si Juara)

14. ENFP (Si Juara)

ENTJ (Si Maverick)

15. ENTJ (Si Maverick)

ENTP (Si Pencipta)

16. ENTP (Si Pencipta)

Gimana? Masih belum puas? Monggo dicek lagi dan kembali ke 4 pertanyaan di atas. Jawablah dengan jujur dan sesuai hati nuranimu. Gak ada yang marah kok. Dan gak ada juga yang perlu dimalukan. Kamu yang orangnya introvert jangan ngaku-ngaku jadi orang extrovert. Kamu yang orangnya extrovert jangan sok-sok kalem trus ngakunya introvert. Gak ada yang perlu dimaluin kok. Semua yang extrovert banyak kok contoh kisah suksesnya. Gitu juga orang yang introvert banyak banget malah contoh orang suksesnya. So, jawablah dengan sesuai kepribadianmu. Tes ini hanya media yang membantu kamu untuk memahami apakah kamu memang cocok di tempatmu sekarang. Jika tidak ya cuma 2 pilihannya : Stay for a little bit longer OR move to other places. Simple kan? Gak menutup kemungkinan juga bagi yang sekarang jadi engineer trus ternyata lebih cocok nulis malah pindah jadi jurnalis.

Life is all about choosing your path, isn’t? So, take your big step and dreaming always! Good luck for your career.
Dan btw, beberapa kriteria hanya disesuaikan dengan pekerjaan tertentu. Dan di luar sana banyak sekali jenis pekerjaan. So, sesuaikan dengan sifatmu. Contoh, jika kamu si tipe ESFP (si performer), pekerjaanmu gak sebatas yang ada disana. Lihat clue nya “Performer”. So kamu bebas menentukan jiwamu sesuai dengan si jiwa “performer” tadi.

Semoga sukses ke depannya kawan-kawan🙂

NB : postingan ini disadur ulang oleh penulis dari Jobstreet.

2 thoughts on “Andai saya tahu saya harus kemana (tentukan arah mimpimu)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s