akber

Akber Bekasi – How to be a Good Public Speaking

Matahari pun sedikit demi sedikit mulai beranjak naik ke atas kepala. Tak dirasa, pukul 11 pun sudah masuk menghampiri. Satu persatu peserta datang memadati cafe Kedutaan Besar Bekasi yang terletak di Jalan Jati Kramat no 45 Jati Asih Bekasi. Kak Theodorus Daniel dengan baju kotak merah ala Jokowi nya pun telah datang dan menyapa satu demi persatu peserta yang ada.

 

Tepat tanggal 23 April 2016, Kelas Akademi Berbagi Bekasi Yang berjudul Berani Tampil di Depan Publik pun dimulai. Sebelum masuk ke dalam main topic kita, kak Theo ingin menyinggung sedikit mengenai First Impression. Kalau dalam bahasa awamnya adalah “Pandangan Pertama”.

First Impression

Mengapa sih First Impresssion itu penting? Ternyata ada beberapa hal teman-teman mengapa First Impression ini sangat penting untuk dibicarakan.

  1. Kalo kata si Robert Zanojc (Psikolog Amerika Serikat), First Impression itu penting karena detik-detik pertama seseorang dapat menyukai sesuatu atau tidaknya sso, ditentukan oleh detik-detik pertama berjumpa/berkenalan tsb. Jadi, jika First Impression yang dibangun sudah baik, maka urusan selanjutnya akan menjadi lebih mudah.
  2. First Impression secara tidak langsung akan menciptakan profesionalisme seseorang di depan mata orang lain.
  3. Membuat kesan pertama yang baik. Jika awalnya saja sudah baik, insyaAllah kebelakangnya juga akan baik bukan?
  4. Membentuk Self Image yang pada ujungnya akan menjadi representative bagi orang tersebut
  5. Sebagai personal Asset. “Oh si Nino itu orangnya cuek” (terlihat dari cara dia berpenampilan yang slengehan). “Oh si Anton itu anaknya bersih dan baik” (Bisa ditunjukan dari cara dia merawat diri dan berpenampilan rapi). Jika dari pribadinya saja sudah baik dalam memperhatikan penampilan sendiri, artinya dia juga dapat menghargai orang lain.

 

“You only get one chance to make a first impression! “

 

First Impression salah satunya dibangun dari pakaian dan make up yang kita gunakan. Dan jangan lupa untuk menyesuaikan pakaian yang kita kenakan dengan tempat dimana kita berada. Jangan pernah coba gunakan jas untuk berpergian ke pantai atau sebaliknya menggunakan kaos oblong tanpa lengan ke pesta pernikahan. Jadi sesuaikan dengan timing dan tempatnya ya teman-teman.

 

Begitu pula dengan jawaban saat interview. Jika teman-teman melamar ke perusahaan yang baru, jangan pernah menceritakan kejelekan dan kekurangan dari perusahaan yang lama. Karena secara tidak langsung, teman-teman akan dicap sebagai karyawan yang selalu menjelekan perusahaan. Pindah ke tempat yang lain, jelekin yang lama. Begitu seterusnya.

 

“Never say something bad from your past company when you are entering the new company”

 

 

Ilmu Public Speaking

Public Speaking skill bisa dibentuk dari dua hal loh :

  1. Terbentuk secara alami dan selanjutnya dinamakan TALENTA. Ini adalah anugerah dari Tuhan kepada seseorang sehingga ia sangat mudah dan lancar berkomunikasi dengan siapapun. Dia sangat doyan ngomong dan tidak pernah takut untuk tampil ke depan. Karena secara alami, lingkungan dan pembawaannya sejak lahir membangun dirinya menjadi sosok yang memang memiliki skill public speaking yang baik.
  2. Terbentuk karena latihan. Belakangan sangat banyak Informal Class atau training tentang public speaking, negotiation skill dan kelas penyiar atau broadcast training. Beberapa opsi ini bisa menjadi pilihan bagi teman-teman untuk mengasah atau memulai karir di ranah public Speaking. Dan jangan lupa, ada ilmu pasti ada biaya yang harus dikeluarkan juga loh yaaa

 

Urgensi mengetahui tipe audiens

Sebelum teman-teman tampil dan berbicara di depan umum, pastikan teman-teman paham betul dengan tipe pendengar/audiens yang akan teman-teman hadapi. Apakah dia remaja, orang dewasa, pejabat pemerintahan atau bahkan seorang presiden. Dari tipe audiens tadi, teman-teman bisa telaah lagi background pendidikan si audiens tadi. Apakah hanya lulusan SD, SMP atau Sarjana S2.

Mengapa harus seperti itu? Karena hal ini akan berhubungan dengan diksi atau pemilihan kata yang akan teman-teman gunakan di depan nantinya. Logikanya, teman-teman tidak mungkin menjelaskan apa itu komputer dengan pemilihan kata semacam “processor”, “Central Processing Unit” atau “Random Access Memory” kepada anak-anak SD yang baru belajar komputer.

 

Menurut kak Theo, Pengetahuan terhadap audiens ini sangat penting dan Urgent loooh. Jangan sampai teman-teman naik panggung jika belum paham betul dengan siapa teman-teman berhadapan.

 

Begitu juga dalam membuat perumpamaan. Teman-teman juga harus hati-hati. Jangan pernah lupa untuk selalu menyesuaikan pemilihan kata dengan audiens yang teman-teman hadapi. Jika dia seorang dosen, maka akan beda halnya jika memberi perumpamaan kepada anak SD atau ribuan petani. Perumpamaan yang sepertinya High Class atau terlalu akademisi tidak akan tepat jika dilontarkan pada peserta yang tidak menginjak bangku pendidikan sama sekali. So, sesuaikan yaa!

 

Jadi dapat dirangkum beberapa hal yang harus diperhatikan dalam berkomunikasi di dpn umum :

  1. Wajib tahu siapa yang akan menjadi audiens teman-teman nanti
  2. Harus prepare materi sebaik mungkin. Jangan panik dan jangan bingung, search google aja.
  3. Harus tau lokasi atau tempat berbicara nanti. Sehingga bisa tau settingan tempat nya bagaimana. Memungkinkan kita sebagai speaker untuk jalan kesana kemari atau tidak.

 

Untung atau Benefit Belajar Public Speaking

  1. Mempunyai nilai lebih dalam perjalanan Karir
  2. Meningkatkan rasa percaya diri dalam bersosialisasi. Dengan kemampuan sosialisasi yang baik, jaring pertemanan akan semakin luas dan suatu saat kita tidak pernah tahu siapa yang akan membantu kita di kemudian hari nanti.
  3. Mempengaruhi cara seseorang saat persentasi
  4. Memudahkan seseorang saat secara mendadak diminta memberikan pidato atau kata sambutan. Sekali lagi, sebelum mengatakan YES untuk maju ke depan, jangan lupa untuk mencari tahu siapa yang akan menjadi pendengar dan siapa yang akan diberikan kata sambutan.
  5. Meningkatkan kreativitas dalam mengajar
  6. Bonusnya, bisa menjadi penghasilan sampingan. Bisa saja ditawari menjadi MC/Presenter/Moderator.

 

Bagaimana caranya meningkatkan kepercayaan diri saat tampil di panggung?

Menurut salah satu peserta yang disodorkan pertanyaan oleh kak Theo, cara yang paling mudah untuk meningkatkan kepercayaan diri adalah dengan menciptakan positive thinking sebelum naik ke atas panggung. They need us. Kita punya ilmu, kita bawa ilmu dan kita share ilmunya ke mereka. Jadi tidak ada yang perlu ditakutkan. Karena niat kita datang untuk berbagi ilmu kepada mereka.

 

How to be a nice public speaker?

  1. Jadilah pendengar yang baik. Cari tau apa yang audiens butuhkan sehingga materi nya bisa menyesuaikan.
  2. Hindari untuk memotong sebuah pembicaraan. Gak ada loh manusia yang kalo ngomong senang dipotong pembicaraannya. Ya gak?
  3. Ajukan pertanyaan singkat kepada peserta secara berkala. Cara ini cukup baik untuk menciptakan komunikasi dua arah antara si pembicara dan si audiens. Dengan cara ini pula, speaker bisa mendapatkan feedback dari pendengar. Dan suasana diskusi kecil bisa tercipta secara tidak langsung.
  4. Berikan jeda 3 detik. Ketika seseorang bertanya, alangkah baiknya untuk memberi jeda 3 detik sebelum membalas pertanyaan tersebut dengan jawaban. Walaupun teman-teman sudah tau jawabannya terlebih dahulu, akan lebih sopan jika kalian memberi jeda 3 detik saja baru kemudian melemparkan jawaban. Begitu juga dalam merespon tanggapan seseorang. Beri jeda 3 detik, baru tanggapi. Kenapa hal ini harus dilakukan? Karena dengan jeda 3 detik ini, audiens akan merasa nyaman dengan komunikasi yang kita bangun.
  5. Jangan pernah menghakimi lawan bicara. Jika speaker ingin memberi jawaban, berilah jawaban yang mengarah pada saran. Bukan judging atau semacamnya. Contoh berikut ini adalah yang salah : “Oh… Kamu SALAH.” Dan sebaiknya kalimat ini diganti menjadi : “Jadi, dari data yang saya pernah kumpulkan bersama teman-teman saya di lapangan, saya sarankan bapak untuk….”
  6. Simpan gadget kamu. Fokuslah pada lawan bicaramu. Jika memang dirasa sangat amat penting dan tidak bisa diduakan, maka minta izinlah pada forum untuk mengecek handphone sementara. Karena pada prinsipnya, kita harus menghargai kebersamaan yang kita miliki alias bonding time.
  7. Berikan senyuman kecil dan tatap matanya. Jika lawan bicaramu adalah forum yang audiensnya banyak, maka jangan terfokus pada satu orang, tebarlah pandangan dan jangan hanya terpaku pada satu orang saja. Kecuali untuk dia yang sedang bertanya. Jika kamu merasa gugup atau canggung, bawalah pointer dan mike saat tampil ke depan. Sehingga tanganmu tidak akan masuk ke dalam kantong celana atau disimpan ke belakang badan.
  8. Belajarlah untuk memberikan pujian. Contohnya : “Yap, pertanyaan yang sangat bagus sebagai bridging sebelum kita masuk ke slide yang berikutnya”. Cara ini dapat membangun energi yang sangat positif kepada lawan bicara kita.
  9. Gunakan setiap kesempatan yang ada. Jangan pernah untuk menolak kesempatan untuk maju ke depan umum atau diminta untuk memberi kata sambutan. Mengenai tidak siap atau belum ada materi kan bisa diakali dengan membaca secara cepat bahan-bahan dari google.
  10. Rajin membaca. Cara ini sangat ampuh untuk meningkatkan pengetahuan kita sesuai dengan perkembangan zaman. Jika kamu adalah tipe orang yang malas membaca seperti kak Theo, maka teman-teman bisa ikut dalam beberapa seminar baik itu gratis atau berbayar. Ingat, ilmu itu mahal dan bisa menjadi investasi loh.

 

Sebagai public speaker yang sudah banyak jam terbangnya, kak Theo mengakui tidak pernah melupakan 3 Magic Words yaitu “Maaf, Terimakasih, Tolong”. Tiga kata ini sangat penting untuk dipegang dalam kehidupan kita sehari-hari terutama dalam lingkup pertemanan. Dan public speaker pasti dan wajib memiliki serta mengetahuinya.

 

Menurut kak Theo, ada 3 Faktor menuju kesuksesan yaitu skill, knowledge dan Attitude. Untuk poin yang terakhir, 3 Magic words tadi adalah kunci utamanya.

Sebelum kelas ditutup, kak Theo memberikan THEO TIPS yaitu jadilah manusia yang Tangguh, Humoris, Energik dan Optimis.

 

Begitulah kira-kira guys rangkuman dari kelas yang diadakan oleh Akber Bekasi. Seiring kelas ditutup, hujan pun turun dengan derasnya pertanda bahwa Tuhan masih sayang dan menjatuhkan rezekinya. Happy holiday happy weekend all🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s