My unpredictable journey in NOLA & DOLA

1

Seorang bijak pernah berkata bahwa

“Sukses tidak selamanya dan gagal juga tidak berlangsung lama”

Perjalanan singkat dengan si kapal Merah Halliburton menyisakan banyak cerita dan juga sedikit duka. Berawal dari 23 April 2014 dimana bocah lugu ini masih belum ujian Skripsi (Pendadaran), ia sudah mencoba melamar di Perusahaan Amerika ini. Hingga akhirnya dapat bekerja secara resmi pada 6 Oktober 2014 yang lalu.

Kesalahan masa lalu yang cukup kelam dan pedih pada akhirnya terungkap hingga pada tanggal 4 Desember 2014 saya harus meninggalkan Balikpapan untuk menghadiri Rapat kode etik di ruang sidang 3.5.5 Fakultas Teknik UGM.

Tak perlu ditanya apa yang sudah saya lakukan karena tak etis rasanya membuka luka masa lalu. Tapi jelasnya, Wisuda yang harusnya saya nikmati saat itu harus diundur selama 2 semester alias 1 tahun.

Bergabung dengan red flag (Halliburton) adalah kebanggaan tersendiri bagi saya dan keluarga saya. Bagaimana tidak, tanpa ijazah dan hanya bermodal SKL yang itupun terbit setelah saya resmi menjalani proses rekrutmen, saya bisa masuk ke salah satu perusahaan International yang sangat amat diimpikan ribuan bahkan jutaan mahasiswa. Tapi sayang disayang, kesalahan yang saya buat jauh lebih memalukan hingga akhirnya selama kurang lebih satu tahun saya tidak bisa melihat ijazah saya sendiri.

Saya sadar dan cukup menyesal atas dosa yang sudah saya buat dan saya rela menjalani hukuman berat tersebut. Tahun 2014 pun berlalu dengan duka dan perih masa lalu. Tahun 2015 adalah tahun instropeksi bagi saya. Saya yang sudah lulus ini (bahkan sudah sempat bekerja) tak dapat melamar ke sana sini. Vakum selama satu tahun adalah ujian terberat bagi saya. Tapi saya ambil sisi positifnya. Saya belajar banyak hal dan dunia baru.

Saya ambil tiga kursus komputer berturut-turut hingga ijazah saya terbit pada akhirnya. Mulai dari Web Master Training yang merupakan pengenalan terhadap programming web dan coding sejenisnya hingga tingkat advanced bagi seorang programmer.

Agustusnya, saya dan adik saya, Nurul Imanda, wisuda pada tanggal yang sama, 19 Agustus 2015. Saya memutuskan untuk tidak hadir bersama yang lain di gedung rektorat Universitas Gadjah Mada. Rasa malu yang tersisa seakan masih muncul di permukaan. Selain itu, perhelatan wisuda adalah ajang untuk berbahagia dan tersenyum bersama orang tua. Tapi saya sama sekali tak menikmati momen tersebut. Luka yang masih dalam dan rasa sedih masih terkuak walau hanya tinggal beberapa.

Rasa Ego itu sepertinya masih ada. Masih tak percaya bahwa saya yang harusnya bisa lulus 4 tahun malah molor jadi 5 tahun. Satu tahunnya bukan untuk studi tapi menunggu agar ijazah yang ada dicetak semestinya.

Merasa masih haus dengan ilmu dan mencoba kabur dari rasa malu, saya pun mendalami PHP Framework Code Igniter yang merupakan tahapan advanced dari pemrograman dan design website.

Sebulan lebih saya dalami PHP Framework dengan Bootstrap sebagai pokok ilmunya. Disaat yang sama pula saya mencoba membuka diri dan melamar sana sini kembali.

Harapan untuk kembali ke dunia perminyakan hanyalah angan bagi saya dan semua orang yang ada saat itu. Bagaimana tidak, tahun 2015 adalah tahun terburuk dalam dunia perminyakan. Anjloknya harga minyak bukan menjadi jembatan untuk terbukanya lowongan besar-besaran. Karena nyatanya adalah PHK besar-besaran dan pensiun dini bagi beberapa pekerja tambang.

Seakan tak percaya diri walau masih tetap mencoba, saya membuka pikiran dan membuka diri untuk melamar ke lini industri yang berbeda. Dunia FMCG (Fast Moving Consumer Good) adalah dunia yang pernah saya kagumi. Karena seorang karib saya pernah meramal telapak tangan saya bahwa saya cocok di dunia FMCG.

Berbekal ramalan sahabat lama saya, saya mencoba melamar beberapa perusahaan FMCG yang salah satunya adalah Unicharm. Berharap sih boleh berharap, saya pun tak mencoba kehilangan akal. Sembari melamar ke beberapa perusahaan, saya mencoba ikut dalam kelas Computer Graphic. Disana saya belajar Photoshop dan Corel Draw yang notabennya adalah software yang saya sangat kagumi dan ingin sekali saya pelajari.

* Sekilas tentang FMCG *

FMCG (Fast Moving Consumer Goods) adalah produk-produk yang sifatnya cepat habis yang biasanya terdiri dari kebutuhan sehari-hari, sehingga dapat terjual dalam waktu singkat dengan harga yang relatif rendah. Produk-produk ini mudah dijumpai di supermarket dan mini market, seperti produk makanan dan minuman, sabun, sampo, pasta gigi, pembalut, tisu basah, popok bayi dan obat-obatan.

Indonesia sendiri memiliki sejumlah perusahaan yang bergerak di bidang FMCG, baik lokal maupun multinasional. Contoh perusahaan FMCG lokal adalah Indofood dan Mayora. Sedangkan contoh perusahaan multinasional adalah Unilever, Unicharm, Mondelez dan Nestle.

Beberapa dari kita hanya akrab dengan brand yang mereka ciptakan seperti pepsodent, mamypoko, indomie, charm dan lain-lain. Tapi dibalik semua brand ternama tersebut ada perusahaan yang menciptakannya dan membesarkannya.

Brand ternama seperti Molto dan Rinso dibawa oleh Unilever. Sedangkan Mamypoko, Charm dan Lifree dibesarkan oleh perusahaan unicharm sendiri.

1200x628-4-e1461641441253

* SEKILAS TENTANG UNICHARM *

PT Unicharm pada mulanya didirikan di Jepang pada tahun 1961, bergerak di bidang FMCG (Fast Moving Consumer Good) dengan produk pertamanya adalah pembalut wanita (brand : charm). PT Unicharm tersebar di 81 negara di seluruh dunia, termasuk di Indonesia yang berdiri pada tahun 1997.

Adapun 4 produk yang dihasilkan oleh PT UniCharm Indonesia adalah :

  • Baby Care (Popok Bayi) : Mamypoko
  • Feminime Care (Pembalut Wanita) : Charm
  • Health Care (Popok orang dewasa) : Lifree
  • Wet Tissues (Tisu Basah) : Mamypoko

Market Share Unicharm di industri sendiri adalah sebagai berikut :

  • Baby Care >70%
  • Feminime Care >43%
  • Health Care >40%

* Proses Rekrutmen *

Seperti kata-kata bijak di awal pertemuan tadi : “Sukses tidak selamanya dan gagal juga tidak berlangsung lama”. Maka saya percaya bahwa kegagalan yang sedang saya miliki akan berakhir pada masanya. Saya berusaha sekuat tenaga dan tak mudah menyerah dengan semua rintangan yang ada. Perjalanan cukup panjang pada akhirnya mengantarkan saya ke lautan NOLA dan DOLA.

Berikut adalah tahapan yang harus saya lalui hingga akhirnya resmi menyandang status Sales Management Trainee.

# Submit Data (Seleksi Adminisitrasi) #

Submit data dilakukan hampir selama satu bulan kurang sehingga pelamar yang mendaftar cukup membludak. Info dari HRD saat itu ada 2000 lebih pelamar yang masuk ke dalam sistem. Dan itu pun hanya di share di Website career CDC UNPAD seperti berikut :

2

# Psikotest (Kampus Hiring) #

Setelah semua data pelamar masuk ke dalam sistem, tim HRD Unicharm pun memilah dan memilih kandidat terbaik yang akan lanjut ke tahapan berikutnya. Tepat tanggal 25 Agustus 2015, sebuah email dari Ibu Dwi Astuti mengenai pemberitahuan untuk menghadiri Kampus Hiring pun masuk ke dalam inbox gmail ku. Saya diminta untuk hadir dalam Kampus Hiring di UNJ, Kampus A, Gedung Wisma UNJ Ruang sidang lt 2 Jl Rawamangun Muka, Jakarta Timur (Samping Lab School, dekat ATM BNI, dekat Jurusan Ilmu Kesejahteraan Fakultas Teknik) pada tanggal 2 September 2015 pukul 12.30 – 17.00.

Saya diminta bertemu bu Indah/Nina/Fitri disamping mempersiapkan alat tulis dan mengisi form data diri yang dibawa hadir pada tanggal 2 tersebut disamping CV yang memang wajib dibawa.

Berikut adalah file data diri yang telah saya isi : Klik untuk mendownload File Data diri

Psikotes pun berlalu dalam satu hari. Saya pun bergegas kembali ke Jogjakarta karena saat itu saya belum berdomisili di sana.

# FGD dan Persentasi Product #

Sepuluh hari pun berlalu begitu saja hingga pada tanggal 12 September 2015, bu Dwi Astuti meng-email kembali. Saya diundang untuk mengikuti proses Focus Group Discussion dan Product Presentation di Pabrik Unicharm di Karawang pada tanggal 16 September 2015. Pabrik itu cukup jauh dari Jakarta karena memang Karawang sudah sejatinya masuk ke dalam kawasan Jawa Barat. Pabrik Unicharm ada dua di Kawasan Industri KIIC Jalan Maligi VI Lot 4-7 Teluk Jambe Karawang. Dan salah satunya adalah tempat proses FGD dan PP itu berlangsung nantinya.

Saya yang bukan asli Jakarta menginap di rumah saudara selama proses rekrutmen ini berlangsung. Selama proses, Gojek adalah fasilitas paling membantu dalam hal movement saya. Terimakasih Gojek karena kau hadir membawa kesuksesanku (ini bukan endorse tapi murni dari hati). Saat itu saya menginap di rumah teman ayah saya (om Nadran) dan itu ada di Jakarta. Untuk dapat ke Karawang, saya diberikan ELF jemputan yang disediakan oleh tim HRD. Ada beberapa meeting point atau tempat pemberhentian dan salah satunya adalah kampus UKI, tempat saya berangkat dari Jakarta ke Karawang. Semua fasilitas ini gratis dan disediakan Unicharm untuk kita yang sedang melalui proses rekrutmen. Dan berangkatlah saya bersama teman-teman pelamar lainnya dari Jakarta ke Karawang bersama ELF yang disediakan.

Rumah Om Nadran

Rumah Om Nadran

Pada Focus Group Discussion, saya akan melakukan diskusi bersama kelompok yang sudah tim HRD tentukan. Dan pada Product Persentation, saya diminta untuk melakukan role playing sebagai seorang Sales yang sedang mempresentasikan serta menawarkan product kepada calon distributor.

Persentasinya sendiri harus saya siapkan terlebih dahulu. Itu artinya saya hanya memiliki waktu sangat amat minim untuk membuat dan mendisain persentasi yang menarik, eye-catching serta padat akan isi. Isi dari persentasi nya sendiri memiliki guideline yaitu :

Materi Product Presentation hanya terdiri dari 9 slide yang mencakup :

  • Product pembalut Charm Night Wing 35cm (3 slide) durasi persentasi 3 menit.
  • Product Diapers Dewasa Lifree Popok Celana Tipis dan Nyaman Bergerak (3 slide) durasi persentasi 3 menit.
  • Product Diapers Bayi Mamypoko Junior Night Pants (3 slide) durasi persentasi 3 menit

Nantinya saya diminta untuk mempersentasikan salah satu produk di atas tetapi pemilihan produk mana yang akan dipersentasikan akan ditentukan oleh tim penilai. Yang pasti saya hanya punya waktu 3 menit untuk mempersentasikannya.

Saya yang sama sekali buta akan ke tiga produk di atas harus melakukan riset dan membaca sana sini. Membaca company profile dan bilah produk di halaman website Unicharm itu sendiri.

Celakanya adalah materi persentasi yang sudah final harus sudah dikirimkan kepada bu Dwi paling lambat hari senin tanggal 14 September 2015 jam 12 siang. Sangat amat singkat waktu yang saya miliki. Itu artinya saya punya waktu kurang dari 2 hari untuk melakukan itu semua. Karena emailnya sendiri baru masuk tanggal 12 pukul 12 siang.

Tapi tak disangka, persentasi yang saya buat cukup memuaskan untuk seorang pemula. Dengan mengkombinasikan teknik persentasi seorang dosen favorit saya di Fakultas Teknik (I Made Andi) dan ilmu Photoshop dan Corel Draw yang sedang saya pelajari, lahirlah karya cipta dari seorang Ikhwan Luthfi berikut.

This slideshow requires JavaScript.

Persentasi pun selesai dihidangkan dan dikirim pada waktunya. Hingga tanggal 16 September pun datang, saya diminta untuk mempersentasikan produk Lifree. Rasa gugup dan canggung memang datang silih berganti tapi saya dengan sigap dan percaya diri mencoba menepis satu persatu rasa negatif yang datang.

# Medical Check up #

Seminggu kemudian tepat satu hari setelah ulang tahun kelahiran saya, yaitu pada tanggal 23 September 2015, saya dikabari untuk melakukan medical Checkup di Prodia Yogyakarta Jl. P. Mangkubumi No 50 Yogyakarta pukul 8 pagi di tanggal 25 September. Seakan seperti kado bahagia dari Tuhan saya kabari orang tua saya tentang hal ini.

# Interview Presiden Direktur dan tanda tangan kontrak #

Genap 21 hari tanpa kabar setelah Medical Checkup, saya merasa diri saya sepertinya tidak sehat. Hahaha. Karena sampai saat itu juga, belum ada kabar dan panggilan dari Unicharm. Saya sedikit merasa sedih dan galau. Karena sejatinya Unicharm adalah harapan satu-satunya bagi saya.

Akan tetapi, sebuah email pun datang di tanggal 16 Oktober 2015. Kali ini bukan dari bu Dwi. Tapi dari bu Nina.

Saya sangat merasa terhormat karena saya akan melakukan interview dengan seorang Presiden Direktur Unicharm Indonesia yang jelas-jelas adalah seorang kebangsaan Jepang. Proyek Management Trainee ini adalah proyek besarnya beliau dan langsung berada di garis komandonya. Itulah sebabnya beliau (sapa saja dengan Sacho) sangat ingin sekali bertemu dengan calon Sales MT di tanggal 3 November 2015 tersebut.

Interview dengan Sacho (Presiden Direktur) itu dilaksanakan di Sinarmas Land Plaza Tower 2, lt 12. Jln M.H.Thamrin no 51 Jakarta.

Kali ini saya diminta untuk membawa ijazah asli. Karena program MT ini sendiri akan menahan ijazah asli yang kita miliki untuk program jangka panjang yang mereka miliki.

Selain itu, Bu Nina dalam emailnya juga memberikan sedikit tips sebelum interview dengan Sacho sbb.

  • Berpakaian rapi (disukai jika mengenakan kemeja lengan panjang warna apa saja, dasi, celana bahan warna hitam)
  • Berdandan rapi (jangan berkumis, jangan berjenggot, rambut pendek rapi)
  • Kembalikan tempat duduk ke dalam meja begitu selesai interview
  • Memiliki pengetahuan sekilas mengenai Unicharm

# In class training #

Proses interview dan tanda tangan kontrak pun selesai. Langkah berikutnya adalah in Class Training. Program belajar di kelas ini kurang lebih selama 46 hari dari tanggal 7 Desember 2015 hingga 22 Januari 2016. Semua mentor-mentor hebat datang untuk mengajar dan memberi kuis serta ujian. Materi yang sarat akan ilmu pengetahuan membuat kami semakin cerdas dan siap di lapangan. Kelasnya sendiri dilakukan di pabrik Karawang. Tapi bukan di dalam Pabrik nya langsung. Tetapi di lantai 2 dimana terdapat beberapa ruangan meeting, training, kantin dan juga office yang multifungsi. Sebelas orang terpilih dari berbagai Universitas. Saya sendiri dari UGM, ada yang dari UI, Unpad dan juga IPB. Jurusannya pun beragam. Saya sendiri dari Teknik Elektro, ada yang dari hukum, administrasi negara, teknik kimia, teknologi pertanian, management dan lain-lain.

# On The JOb Training #

Berbekal ilmu pengetahuan yang sudah dimiliki dan diajarkan di dalam kelas, kami selanjutnya dibimbing secara langsung oleh mentor-mentor yang ada di Jakarta. Kali ini bukan di dalam kelas. Tapi langsung di kantor BII di Jakarta. Kami semacam anak ingusan yang belajar dari seorang bapak yang sudah berpengalaman.

Selama kurang lebih 6 bulan yaitu dari tanggal 25 Januari 2016 hingga 31 Juli 2016, kami membuntuti mentor yang kami miliki masing-masing. Kemana mereka pergi, kesana kami berlabuh.

This slideshow requires JavaScript.

# Placement (Mutasi) #

OJT selama 6 bulan lebih di Jakarta menyisakan berbagai ilmu dan suka duka. Kami yang sudah berbekal ilmu dan pengalaman di lapangan, dipercaya untuk terjun langsung ke daerah yang ada di Indonesia. Tepat tanggal 1 Agustus 2016 saya terbang ke Makassar. Disana saya disambut cukup baik dan ramah dengan Palu basah dan Coto Makassarnya. Tapi sayang disayang, saya tidak cukup betah di sana hingga akhirnya memutuskan resign dan membayar denda sebanyak 15 juta (detailnya 15.393.369).

Tanggal 29 Agustus adalah hari terakhir saya untuk membayarnya dan mengembalikan semua aset perusahaan yang ada di antaranya :

  • 1 buah laptop dengan chargernya
  • 1 buah kitab Unicharm (mereka menyebutnya UCI Ways atau Goroku)
  • 1 buah seragam Unicharm
  • 1 pasang sepatu kain Unicharm

Setelah semua dikembalikan dan dibayarkan, Ijazah saya pun kembali ke tangan si pemiliknya.

INTERMEZO : Read also about My Unpredictable Journey to Halliburton

Berikut timeline hidup saya dari 2014-2016. Poin berwarna merah adalah saat saya di Halliburton dan poin berwarna hijau adalah saat saya berjuang bersama Unicharm. Can you see that? Perjalanan panjang dan semua cerita yang ada membutuhkan proses dan waktu. Tidak ada yang instan dan langsung jadi. Semua punya timeline dan rentang waktunya sendiri-sendiri. Oleh sebab itu, bersabar dan selalu berdoa adalah kunci utama dalam segala hal. Selamat siang dan selamat makan.

NOTE : Jika gambarnya kurang jelas, coba open image in new tab aja ya😉

2014

2015

resign

Leave a Reply

